Pengamat Politik: Jokowi Mirip Tukul

by
November 7th, 2013 at 10:05 am

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Jokowi memang dikenal sebagai sosok yang apa adanya. Jokowi bahkan tak segan untuk mengakui bahwa wajahnya memang tidak tampan seperti gubernur pada umumnya.

jokowi ketawa

Jokowi – Ist

Pengamat politik, Victor Silaen mengatakan bahwa sifat Jokowi yang suka merendah itu mirip dengan pembawa acara sekaligus pelawak, Tukul Arwana. Baik Jokowi maupun Tukul, keduanya sama-sama cuek dengan penampilan fisiknya.

“Dari satu sisi, dia (Jokowi) mirip Tukul, dalam arti orang yang mau mengatakan dirinya ini jelek, ketawa cengengesan juga nggak diatur,” kata Victor di Gedung DPR, Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/11/2013).

Victor mengungkapkan bahwa Jokowi pernah mengaku bahwa wajah ajudan pribadinya lebih tampan dari dirinya. Bahkan, Jokowi mengaku sengaja mengganti ajudan dengan alasan karena dirinya tidak nyaman memiliki ajudan pribadi yang lebih tampan.

Baca juga: Jokowi Merasa Mirip Dude Herlino.

Meskipun demikian, menurut Victor, sifat Jokowi itu justru membuat masyarakat merasa dekat. Fisik Jokowi yang biasa saja justru membuatnya dicintai oleh warga Jakarta. Karena warga Jakarta merasa tidak ada pembeda antara gubernur dengan warganya.

“Dia (Jokowi) secara fisik memang enggak ada apa-apanya. Tapi, justru itu yang bikin Jokowi otentik, tak ada batas dengan masyarakat,” kata Victor dalam sebuah diskusi politik yang berlangsung pada, Rabu (6/11/2013) kemarin.

Victor yang juga merupakan Dosen Ilmu Politik di Universitas Pelita Harapan ini juga menganggap Jokowi selalu menyertakan bukti kerja yang nyata. Hal ini bisa dilihat dengan metode “blusukan” yang diterapkan Jokowi dalam memimpin Jakarta.

(YG)

Comment di sini