Dituding Ditunggangi Politisi, KSPI: Itu Ulah Fans Jokowi

by
November 8th, 2013 at 9:21 am

Jakarta (CiriCara.com) – Demo buruh yang dinaungi Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dituding ditunggangi pihak tertentu untuk menyerang Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Ada informasi yang menyebutkan bahwa ada politisi yang mendalangi aksi buruh itu.

demo buruh

Demo buruh KSPI – Ist

Mendengar kabar tersebut, Presiden KSPI Said Iqbal pun membantah tudingan tersebut. Said menduga tudingan yang tidak benar itu dimunculkan oleh pendukung Jokowi karena tidak suka Gubernur DKI Jakarta itu didemo oleh buruh.

“Akhir-akhir ini banyak informasi miring yang menyebar di Facebook dan lain-lain. Itu tidak benar. Mungkin ulah fans Jokowi,” bantah Said dalam konferensi pers di Kantor Kontras, Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/11/2013) kemarin.

Said menjelaskan bahwa demo buruh yang dilakukan KSPI itu murni untuk membela hak buruh. Said membantah ada partai politik yang ikut menggerakan demo buruh tersebut. “Jadi kepentingan kami ini murni untuk memperjuangkan hak-hak buruh,” katanya.

Lebih lanjut Said pun menyayangkan sikap fans Jokowi yang menyerang KSPI. Pasalnya, menurut Said, Upah Minimum Provinsi (UMP) Rp 2,4 juta yang sudah disahkan oleh Jokowi itu masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup buruh di Jakarta.

Said pun menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan demo hingga tuntutan buruh DKI Jakarta dipenuhi. Sesuai dengan perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) versi buruh, KSPI akan mendesak pemerintah Jakarta menetapkan UMP 2014 jadi Rp 3,7 juta.

“Kami rela mati demi memperjuangkan itu,” lanjut Said.

Said juga menegaskan bahwa KSPI bukan organisasi para politisi. Menurut Said, KSPI adalah organisasi buruh terbesar di Indonesia yang berdiri dan bertahan karena dana iuran dari masing-masing anggotanya.

(YG)

Comment di sini