DPR Dapat Dana Pensiun Seumur Hidup, Fitra: Membebani Negara

by
November 8th, 2013 at 11:23 am

Jakarta (CiriCara.com) – Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) meminta agar pemberian dana pensiun seumur hidup bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dihentikan. Dana pensiun itu dinilai hanya akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

anggota dpr 2013

Anggota DPR – Ist

“Sebaiknya enggak usah dapat dana pensiun karena membebani negara,” ujar Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra, Ucok Sky Khadafi, seperti dikutip dari Merdeka.com pada, Jumat (8/11/2013).

Menurut Ucok, selama ini negara sudah sangat terbebani dengan tingkah laku korupsi para anggota DPR. Ucok juga menilai dana pensiun seumur hidup itu terlalu berlebihan. Apalagi para anggota dewan itu hanya bekerja selama 5 tahun.

“Ini jadi tidak adil, coba lihat birokrat dan PNS yang menjabat puluhan tahun,” kata Ucok.

Lebih lanjut, Ucok mengkritisi fasilitas yang diberikan kepada anggota DPR. Mulai dari rumah dinas, mobil, dan juga asuransi. Menurut Ucok, fasilitas tersebut juga sudah membebani negara, belum lagi studi banding ke luar negeri yang sering dilakukan anggota DPR.

“DPR cuma ongkang-ongkang kaki ke luar negeri,” tegas Ucok. Baca juga: Kunjungan DPR ke Jerman Salah Alamat.

Karena itu, Ucok pun mendesak agar Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1980 yang mengatur soal dana pensiun anggota DPR segera direvisi. Namun, Ucok pesimis para anggota dewan itu mau merevisi Undang-Undang tersebut. Pasalnya, saat ini banyak anggota DPR yang hanya mengejar materi.

“Apa anggota DPR mau (merevisi UU tersebut)? Memang ini harus ada kesadaran dari para anggota dewan,” kata Ucok.

Ucok pun menjelaskan bahwa seharusnya anggota DPR itu tulus bekerja untuk rakyat tanpa mengharapkan imbalan pensiun. “Kalau masih terima (dana pensiun), itu berarti bekerja untuk mencari materi, bukan untuk rakyat,” jelasnya.

(YG)

Comment di sini