Majalah Jerman Sebut Jokowi Mirip Khalifah Harun al-Rasyid

by
November 8th, 2013 at 3:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sosok Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi kembali disorot dunia. Kali ini majalah asal Jerman, Spiegel, yang menuliskan sebuah artikel tentang sifat Jokowi yang mirip dengan sejumlah tokoh dunia.

joko widodo

Jokowi – Ist

Dalam artikel yang ditulis oleh Erich Follath, Kamis (7/11/2013), gaya kepemimpinan Jokowi dinilai mirip dengan Khalifah Harun al-Rasyid. Jokowi dan Khalifah Harun al-Rasyid sama-sama lebih suka turun langsung untuk berbaur dengan warganya.

“Terkadang dia (Jokowi) berperilaku seperti Khalifah Harun al-Rasyid yang kerap keluar istana untuk berbaur dengan rakyatnya. Menyamar sebagai orang biasa untuk mendengarkan keinginan rakyatnya,” demikian tulis Erich, seperti dikutip dari situs Spiegel.de, Jumat (8/11/2013).

Baca juga: Jokowi Mirip Tukul Arwana.

Tidak hanya itu, Erich juga menyamakan Jokowi dengan Nelson Mandela yang dikenal sebagai tokoh yang optimis. Mandela adalah orang Afrika Selatan yang dikenal memberantas rasisme, kemiskinan, kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial.

Sementara itu, ketegasan dan sedikit keegoisan Jokowi dalam menentukan kebijakan untuk Jakarta dinilai mirip dengan Mick Jagger. Menurut Erich, sifat-sifat itulah yang membuat nama Jokowi kian melambung di dunia politik Indonesia.

Dalam artikel tersebut, Jokowi juga dinilai sebagai sosok tokoh pluralisme. Pasalnya, Jokowi yang merupakan seorang muslim tetap menghargai agama lain. Terbukti, Jokowi memilih wakil dari non-muslim, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

(YG)

Comment di sini