Cara Memilih Softlens yang Benar dan Aman

by
November 11th, 2013 at 11:37 am

CiriCara.comSoftlens atau lensa mata bukan hanya untuk membantu penglihatan namun juga memperbaiki penampilan. Tak jarang, zaman sekarang para muda mudi termasuk Anda menggunakan softlens untuk menambah kepercayaan diri.

Cara memilih softlens yang benar

Cara memilih softlens yang benar / Ist.

Namun untuk memakai softlens, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Softlens adalah benda asing yang akan terkontak langsung dengan mata.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan untuk memilih softlens yang benar dan aman untuk mata, antara lain:

1. Warna softlens

Jika mata Anda normal dan ingin menggunakan softlens untuk bergaya, Anda bisa memilih berbagai macam warna lensa yang tersedia di pasaran.

Namun jika Anda memiliki masalah dengan mata minus dan ingin menggunakan softlens, maka sebaiknya Anda memilih warna softlens yang natural seperti hitam dan coklat. Untuk penderita mata minus, disarankan untuk menggunakan warna softlens bening atau transparan.

2. Diameter softlens

Tentu saja Anda juga harus memperhatikan diameter mata saat memilih. Jika Anda memliki tampilan bola mata penuh atau besar, Anda lebih baik memilih softlens dengan diameter yang juga besar.

Namun jika Anda memiliki bola mata kecil maka sangat tidak disarankan untuk memilih softlens dengan diameter yang besar. Kesalahan dalam memilih diameter softlens dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat digunakan.

3. Sesuaikan dengan minus mata

Jika Anda adalah seorang penderita mata minus, Anda wajib menyesuaikan softlens yang Anda pakai dengan besarnya minus yang Anda miliki. Jangan sampai softlens yang Anda pakai berukuran lebih kecil atau besar dari minus mata Anda.

4. Tingkat kadar air serta ketipisan

Perhatikan juga faktor ini sebelum memilih softlens untuk mata. Setiap softlens yang berbeda merek akan memiliki tingkat kadar air dan ketipisan yang berbeda pula. Semakin tinggi kadar air dan ketipisan softlens, maka akan semakin nyaman ketika digunakan.

Cara memilih softlens yang baik dan benar

Cara memilih softlens yang baik dan benar / Ist.

5. Kualitas softlens

Inilah faktor terpenting yang perlu diperhatikan saat memilih lensa untuk mata. Perhatikan selalu kualitas softlens yang Anda pakai. Softlens dengan harga mahal belum tentu memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mata sebelum membeli softlens.

6. Cek kadaluarsa

Jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluarsa softlens yang Anda pakai. Jika Anda sampai menggunakan softlens yang telah kadaluarsa maka mata akan menjadi merah dan perih bahkan selaput mata akan ikut rusak.

Baca jugaCiriCara: Cara Memasang Softlens yang Benar

(RN)

Comment di sini