KSPI: Jokowi Jangan Ngurusin Topeng Monyet Saja

by
November 11th, 2013 at 9:12 am

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal masih mendesak Gubernur DKI Jakarta Jokowi untuk menaikan upah minimum provinsi (UMP) jadi Rp 3,7 juta. Buruh menolak UMP Rp 2,4 juta yang sudah disahkan Jokowi.

kspi demo

Said Iqbal bersama rombongan KSPI – Kompas

Iqbal mengatakan bahwa tuntutan kenaikan UMP itu adalah ujian untuk Jokowi sebelum menjadi presiden. Iqbal menganggap Jokowi tidak layak jadi presiden jika tidak bisa menyelesaikan masalah UMP 2014 di DKI Jakarta.

“Kami menguji Jokowi karena dia sebagai calon presiden terkuat menurut survei. Enak saja mau jadi presiden, tetapi tidak diuji,” kata Iqbal, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (11/11/2013).

Iqbal pun mengkritik Jokowi yang lebih peduli terhadap nasib monyet dibanding nasib buruh. “Jangan ngurusi topeng monyet saja,” kata Iqbal yang juga sempat mengaku diserang oleh fans Jokowi.

Menurut Iqbal, UMP Rp 2,4 juta masih berada di bawah angka kebutuhan hidup layak (KHL) buruh DKI Jakarta. Dengan gaji tersebut, ujar Iqbal, buruh hanya bisa menyisihkan Rp 300 ribu per bulan.

“Siapa yang bisa bertahan hidup di Jakarta dengan Rp 300 ribu tersebut?” katanya.

Lebih lanjut, Iqbal mengatakan bahwa Jokowi seharusnya bisa mencontoh sikap Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Fauzi Bowo (Foke). Pasalnya saat masih menjabat, Foke tetap mau merevisi keputusannya soal UMP meski penetapannya sudah berjalan.

Said pun menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan aksi mogok kerja sampai tuntutannya itu dipenuhi oleh Jokowi. Buruh tetap melakukan aksi unjuk rasa selama itu tidak melanggar Undang-Undang.

(YG)

Comment di sini