Marc Marquez, Pembalap MotoGP dengan Banyak Rekor

by
November 11th, 2013 at 4:29 pm

CiriCara.com - Sejarah baru tercipta di MotoGP, setelah pembalap muda Spanyol dari tim Honda, Marc Marquez memastikan menjadi juara dunia di sirkuit Valencia. Marquez yang baru berusia 20 tahun dan baru memulai petualangan di MotoGP musim ini sukses mengakhiri musimnya dengan menjadi juara.

Pembalap MotoGP, Marc Marquez

Pembalap MotoGP, Marc Marquez / Ist.

Walau di Sirkuit Valencia Marquez gagal menjadi juara, hal ini tidak menyebabkan Marquez gagal menjadi juara dunia. Perbedaan 13 poin dengan pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo membuat Marquez cukup berada di urutan tiga besar agar dapat merebut juara dunia dari Lorenzo.

Dengan berhasilnya Marquez menjadi juara dunia, beberapa rekor di MotoGP pun berhasil ia pecahkan.

Marquez baru berusia 20 tahun dan 266 hari saat merebut juara dunia MotoGP. Ia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Freddie Spencer yang sebelumnya pernah menjuarai MotoGP saat usia 21 tahun dan 258 hari pada tahun 1983.

Berikutnya, Marquez merupakan pembalap Rookie yang bisa langsung menjadi juara dunia di musim pertamanya. Pembalap Rookie sebelumnya yang pernah menjadi juara dunia di musim pertamanya adalah Kenny Roberts pada tahun 1978 silam.

Marquez juga menjadi pembalap keempat dalam sejarah balapan Grand Prix yang bisa menjadi juara dunia di tiga kategori berbeda. Marquez bersanding bersama Mike Hailwood, Phil Read, dan Valentino Rossi.

Kemudian Marquez juga menyamakan rekor Jorge Lorenzo yang bisa naik podium di dua balapan pertamanya di kelas primer. Lorenzo melakukannya pada tahun 2008.

Dan masih banyak rekor di musim ini yang berhasil dipecahkan oleh Marquez. Ini membuktikan bahwa pemuda Spanyol ini memang mempunyai bakat yang luar biasa.

“Kamu tahu.. Ini adalah impian yang menjadi kenyataan!” ujar Marquez meluapkan kegembiraannya setelah race di Valencia. Selamat, Marc!

(AV)

Comment di sini