Satelit GOCE Akan Jatuh ke Bumi Malam Ini

by
November 11th, 2013 at 4:40 pm

CiriCara.com - Pada malam hari ini  diperkirakan satelit Gravity Field and Steady-State Ocean Circulation Explorer (GOCE) yang mempunyai berat sekitar satu ton akan jatuh ke bumi. Menurut perkiraan European Space Agency, satelit GOCE akan jatuh ke bumi pada Minggu 10 November 2013 malam atau Senin 11 November 2013 dini hari waktu setempat.

satelit goce jatuh ke bumi

Satelit GOCE / MetroTV

Seperti yang diketahui, pesawat ruang angkasa untuk pemetaan gravitasi ini kehabisan bahan bakar pada pertengahan Oktober dan telah jatuh kembali ke bumi sejak saat itu.

Menuru Manajer Operasi GOCE, Christopher Steiger, satelit GOCE kini berada pada ketinggian 147 km dan jatuh dengan kecepatan 1 km per jam. Pesawat GOCE memiliki panjang sekitar 5,3 meter dan lebar 1 meter dengan berat sekitar 1.100 kilogram.

Lalu dimanakah nantinya satelit ini akan jatuh?

Menurut astronom Ma’rufin Sudibyo, sebelum jatuh ke Bumi, satelit GOCE akan melewati wilayah Indonesia. Satelit ini akan melewati wilayah Indonesia dua kali waktu pagi dan dua kali waktu sore. Setiap perlintasan akan berlangsung 5-6 menit.

Tapi walaupun melintasi wilayah Indonesia, kemungkinan satelit GOCE jatuh di Indonesia relatif kecil.  Dari perkiraan terbaru, satelit akan jatuh di Samudera Hindia malam ini.

Baca juga5 Pemandangan Terindah Yang Diambil Lewat Satelit [Foto]

(AV)

Comment di sini