Waspada! Sick Building Syndromes Serang Pekerja Kantoran

by
November 11th, 2013 at 9:46 am

CiriCara.com – Pernahkah Anda merasakan pusing, bersin-bersin, mata dan hidung berair, tiba-tiba merasa lelah, sukar berkonsentrasi , dan mengantuk setelah Anda memasuki ruangan, misal ruangan di kantor tempat Anda bekerja atau di rumah Anda sendiri?

Gejala Sick Building Syndrome

Gejala Sick Building Syndrome / Ist.

Namun, jika Anda keluar dari ruangan tersebut, tanda-tanda yang telah disebutkan di atas tiba-tiba menghilang dengan sendirinya. Jika jawaban Anda adalah ya, maka sebaiknya Anda waspada, karena bisa jadi Anda sedang mengalami Sick Building Syndromes (SBS), suatu sindrom yang banyak dialami oleh para pekerja kantoran.

Pengertian Sick Building Syndromes

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang Sick Building Syndromes (SBS). SBS merupakan suatu sindrom akut yang disebabkan karena pembangunan atau penataan suatu ruangan yang kurang tepat sehingga mengganggu kesehatan.  Berikut adalah pembangunan serta penataan suatu ruangan atau gedung yang tidak tepat dan kaitannya dengan menimbulkan SBS :

1. Ruangan sangat tertutup

Dalam ruangan ventilasi udara minim sekali sehingga sirkulasi udara tidak bagus. Dalam ruangan seperti ini penularan penyakit mudah sekali terjadi terutama yang penyebaran kumannya melalui udara, misal influenza.

2. Ruangan tidak memiliki jendela sebagai tempat sinar matahari masuk

Ruangan hanya mengandalkan penerangan dari lampu listrik. Hal ini juga tidak sehat, pasalnya banyak kuman penyakit ataupun jamur yang perkembangannya terhambat atau bahkan mati jika tertimpa sinar matahari. Bahkan ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa dengan adanya sinar matahari yang memasuki ruangan kerja maka daya hitung karyawan dapat meningkat menjadi sekitar 26%

3. Penggunaan alat-alat elektronik

Alat-alat elektronik ini misal air conditioner (AC), printer, komputer, dll secara terus menerus. Alat-alat elektronik tersebut di atas dapat menghasilkan emisi yang menganggu kesehatan. Misal AC dapat dikatakan sebagai gudang kuman, karena itu harus dicuci secara teratur. Printer menggunakan tinta yang bahannya terbuat dari bahan-bahan kimia yang apabila terhirup menimbulkan sakit kepala.

Baca jugaCiriCara: Cara Cepat Mengusir Lelah Saat di Kantor

Mengatasi Sick Building Syndromes

SBS menyerang pekerja kantoran

SBS menyerang pekerja kantoran / Ist.

Setelah mengetahui penyebab SBS maka dapat diambil langkah-langkah untuk mengatasi sindrom tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Perbaiki sirkulasi udara dalam ruang. Setidaknya sediakan satu buah jendela kaca. Jendela kaca ini dapat dibuka di pagi hari, saat AC belum dinyalakan. Membuka kaca jendela selain dapat memperbaiki kualitas udara dalam ruangan dapat juga memberikan akses masuknya sinar matahari, sehingga pertumbuhan kuman dalam ruangan dapat dihambat.
  2. Jika di dalam ruangan menggunakan karpet atau asesoris lain yang terbuat dari bahan yang dapat menyimpan debu atau jamur, harus diganti secara rutin.
  3. Tempatkan tanaman-tanaman yang dapat menyerap polutan dalam ruangan (misal, zat yang mudah menguap atau Volatile Compound yang digunakan campuran tinta printer, dll). Salah satu jenis tanaman yang dapat menyerap polutan dan terlihat manis diletakkan dalam ruangan adalah sansiviera atau lidah mertua. Tanaman Sansiviera dewasa yang memiliki 5-6 helai daun mampu menyerap polutan udara dalam ruangan sebesar 20 meter persegi.
Comment di sini