5 Alasan Kenapa Naik Kereta Lebih Menyenangkan

by
November 12th, 2013 at 8:48 am

CiriCara.com – Masyarakat yang tinggal di kota besar tentunya sudah tidak asing lagi dengan moda transportasi massal seperti kereta api. Di area Jabodetabek kita mengenal istilah Kereta Rel Listrik (KRL) yang lebih akrab disebut Commuter Line.

Naik kereta api di Indonesia

Naik kereta api di Indonesia / Ist.

Setiap harinya puluhan ribu orang mengandalkan kecepatan dan kapasitas angkutnya yang luar biasa besar untuk mengantarkan mereka ke tempat tujuan.

Di samping Commuter Line, ada pula kereta api lokal yang digerakan menggunakan lokomotif dengan jangkauan antarkota antar provinsi. Jika dibandingkan dengan armada pesawat udara, kereta api bertenaga lokomotif memang tidak terlalu unggul dalam hal kecepatan waktu tempuh.

Namun, kereta api lokal pun menyuguhkan keistimewaannya tersendiri yang tidak bisa diperoleh jika kita menggunakan sarana transportasi lain. Berikut ini merupakan lima alasan mengapa bepergian menggunakan kereta lebih menyenangkan.

1. Bebas macet

Bepergian menggunakan kendaraan pribadi memang lebih leluasa karena kita bebas berhenti di tempat mana pun yang dikehendaki. Kita juga leluasa untuk berlama-lama mampir di restoran atau objek wisata favorit yang dapat ditemui di sepanjang perjalanan.

Tapi di musim-musim tertentu jalan raya bisa menjadi sangat padat, seolah semua orang tumpah ruah ke jalanan. Akibatnya waktu tempuh pun menjadi lebih panjang dari yang seharusnya. Anda tidak perlu khawatir akan terjebak kemacetan apabila menggunakan kereta api, karena kereta api berjaya di jalurnya sendiri sehingga tidak mengenal macet.

Baca juga: Arus Balik: Tips Agar Perjalanan Pulang Terasa Menyenangkan

2. Pemandangan yang indah

Jalur kereta api biasanya dibuat mengikuti rute yang sedikit berbeda dari jalan raya. Itu sebabnya sepanjang perjalanan menggunakan kereta api kita akan sering menemui pemandangan indah yang memanjakan mata.

Lembah yang landai dan hijau, sungai yang berkelok dengan cantiknya, gunung yang menyembul di kejauhan, serta rumah-rumah warga yang berjajar rapi di sepanjang rel kereta api. Hal itu tidak akan Anda dapatkan jika mengendarai kendaraan pribadi atau naik pesawat udara.

3. Sensasi makan di gerbong restorasi

Setiap rangkaian kereta api biasanya terdiri dari satu gerbong lokomotif, beberapa gerbong penumpang berdasarkan kelas, serta satu buah gerbong restorasi. Di dalam gerbong restorasi tersedia berbagai macam menu yang dapat dinikmati sembari dimanjakan dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Terlebih lagi apabila kereta yang ditumpangi sedang melintas di atas jembatan besi dengan kecepatan tinggi. Wow, sensasi makan bercampur tegang karena dikelilingi jurang yang dalam tentunya akan meninggalkan kenangan tersendiri dalam catatan perjalanan Anda.

Kereta api melintasi jembatan besi

Kereta api melintasi jembatan besi / RailPictures.net

4. Perjalanan malam yang syahdu

Apabila kereta yang Anda tumpangi kebetulan berangkat pada malam hari, bersiaplah untuk dimanjakan dengan perjalanan malam yang syahdu. Meskipun di jendela tidak terlihat pemandangan apapun, Anda akan mendapat suguhan berupa kerlap-kerlip lampu yang tampak di kejauhan laksana ribuan kunang-kunang. Pemandangan itulah yang akan mengiringi perjalanan sampai Anda tertidur lelap.

5. Biaya yang relatif terjangkau

Dibandingkan dengan harga tiket pesawat yang fluktuatif, harga tiket kereta api relatif stabil. Selisih antara harga tiket pesawat dan kereta api pun terpaut cukup jauh, bisa sampai puluhan bahkan ratusan ribu. Jika memang tidak terlalu diburu-buru waktu, dengan menggunakan kereta api selisih biaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk lebih menikmati perjalanan di lokasi tujuan.

Baca juga: CiriCara: 5 Cara Berhemat Saat Berlibur

Banyak sekali bukan keistimewaan yang bisa dinikmati jika bepergian menggunakan kereta api? Begitu banyak pilihan armada transportasi yang bisa digunakan, namun pilihan tetap ada di tangan Anda untuk menggunakan armada transportasi yang paling menawarkan kenyamanan. (TZ)

Comment di sini