Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

by
November 12th, 2013 at 3:19 pm

CiriCara.com – Bagi masyarakat Sunda (Jawa Barat) tentunya sudah tidak asing lagi dengan cilok. Ya, cilok adalah salah satu jajanan tradisional khas Bandung yang masih bertahan hingga sekarang. Tertarik untuk membuatnya?

cilok bumbu kacang pedas

Cilok bumbu kacang – Ist

Jika dilihat dari bentuknya, cilok memang tidak jauh berbeda dari bakso. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat cilok berbeda. Itulah sebabnya cilok memiliki tekstur lebih kenyal dibanding bakso.

Baca juga: Cara Membuat Bakso Cinta.

Cilok sudah menjadi salah satu kuliner khas Bandung. Penjualannya biasa ditemukan di pedagang kaki lima di sekitar tempat wisata. Langsung saja, simak cara membuat cilok bumbu kacang berikut ini:

Resep Cilok Bumbu Kacang

Bahan:
- 250 gr tepung aci/tapioka.
- 3 sdm tepung terigu.
- 100 cc air panas.
- 1 sdt garam, bisa ditambah bumbu penyedap kemasan sesuai selera.
- Air untuk merebus adonan cilok, secukupnya.

Cara membuat cilok:
1. Masukkan tepung aci dan terigu ke dalam wadah adonan. Beri garam, penyedap rasa, lalu aduk sebentar sampai tercampur rata.

2. Tuangkan air panas, sedikit demi sedikit (sampai habis) sambil terus diaduk. Agar tidak panas, jangan menggaduk menggunakan tangan, bisa gunakan sendok. Aduk terus hingga adonan menjadi kalis (tidak lengket).

3. Bentuk adonan cilok, bulat seperti bakso. Masukkan adonan cilok yang sudah dibentuk ke dalam air yang sudah mendidih. Tunggu beberapa saat, angkat adonan cilok yang sudah mengapung dan tiriskan. Cilok sudah matang.

Cara membuat bumbu kacang:
- Haluskan 150 gr kacang tanah (goreng), cabai merah/keriting (sesuai selera), gulang merah, dan garam (secukupnya). Tambahkan air mineral secukupnya agar bumbu kacang tidak terlalu kering.

Saran penyajian:
- Susun cilok di atas piring saji atau tusuk 4-5 cilok seperti sate.
- Siramkan bumbu kacang di atasnya hingga merata. Bisa juga tambahkan saus tomat atau pun kecap.
- Cilok bumbu kacang siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba! (YG)