Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

by
November 12th, 2013 at 3:37 pm

CiriCara.com – Pernahkah kamu secara tidak sengaja menghapus file yang sangat-sangat penting dari komputer atau laptopmu? Pasti kamu akan merasa sangat panik dan hampir menangis karena kecerebohanmu sendiri.

cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen

cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen / USA Today

Namun, tenang saja. Kamu sekarang tidak perlu sedih. Ada cara mudah yang bisa kamu pakai untuk mengembalikan file penting yang baru saja kamu hapus.

Caranya kamu perlu menginstal beberapa aplikasi pihak ketiga berikut yang bisa mengembalikan file kamu yang terhapus secara permanen:

1. WinUtilities Undelete

WinUtilities Undelete adalah aplikasi yang perlu kamu instal pada desktop atau laptop kamu untuk mengembalikan file yang hilang secara permanen serta mengembalikannya ke tempat atau folder yang kita inginkan.

Cara menggunakan WinUtilities Undelete ini sangat mudah. Kamu tinggal menginstal dan menjalankan aplikasinya saja. Klik drive dimana kita kehilangan file di sisi sebelah kiri.

Setelah itu akan muncul proses scanning dan memunculkan semua file yang ada di drive tersebut beserta file yang sudah dihapus secara permanen. Pilih file yang akan dikembalikan, klik kanan dan klik ‘undelete‘.

2. Recuva

Recuva juga merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh secara gratis dan diinstal pada desktop dan laptop. Setelah diinstal, jalankan aplikasi ini.

Saat aplikasi sudah terbuka, kamu tinggal pilih drive yang file-nya terhapus secara permanen untuk di scan. Selain drive internal, kamu bisa men-scan drive eksternal seperti hard disk, MMC, dan USB flashdisk.

Setelah file yang ingin dikembalikan terlihat, klik kanan lalu pilih ‘Recover’. File akan otomatis kembali ke tempatnya semula. Semua jenis file termasuk musik dan video bisa dikembalikan dengan Recuva.

Baca jugaCiriCara: Cara Menyelamatkan Dokumen Word yang Corrupt

(RN)