Cara Mengobati Bisul yang Benar

by
November 12th, 2013 at 10:44 am

CiriCara.com – Bisul memang sangat menjengkelkan, apalagi jika sudah mengganggu penampilan. Meskipun demikian, Anda tetap tidak boleh memencet-mencet bisul karena hal itu bisa berbahaya untuk kulit Anda. Lalu harus bagaimana?

obati bisulan

Bisul – Ist

Menurut dr Abraham Arimuko, SpKK dari RSPAD Gatot Soebroto, memencet bisul bisa membuat bisul jadi semakin parah. Hal ini tentu akan sangat mengganggu terutama jika bisul itu muncul di bagian kulit wajah.

“Jangan pernah memencet bisul sendiri, sebab bisa jadi salah pencet dan justru menyebabkan nanah yang ada di permukaan terdorong ke dalam,” kata dr Abraham di Jakarta.

Baca juga: Cara Mengobati Radang Tenggorokan.

Untuk mengobati bisul agar tidak bertambah parah, sebaiknya Anda ikuti beberapa cara berikut ini:

1. Menjaga kebersihan

Cuci tangan Anda sampai bersih sebelum mengobati bisul dengan tangan. Hal ini karena penyebab munculnya bisul itu adalah kuman dan bakteri. Selalu menjaga kebersihan kulit Anda agar kuman tidak membuat bisul Anda semakin parah.

2. Gunakan antibiotik

Antibiotik sangat berguna untuk membunuh kuman dan virus. Namun, Anda harus memilih antibiotik yang tepat untuk kulit. Hal ini untuk mencegah kesalahan dosis dalam penggunaan antibiotik yang justru akan membuat kuman jadi kebal. Disarankan untuk konsultasi ke dokter.

3. Sari cuka apel

Teteskan sari cuka apel ke daerah kulit yang bisulan. Cuka apel ini bermanfaat untuk membersihkan infeksi yang menuju ke dalam begkak bisul. Anda bisa mencapur cuka apel dengan air agar encer. Obat alami ini akan menimbulkan rasa panas dan pedih.

bisulan

Gambar ilustrasi bisul – Kapanlagi

4. Bawang putih

Tumbuk beberapa bawang putih hingga halus. Oleskan segera ke bagian kulit yang terkena bisul. Bawang putih ini akan menimbulkan rasa panas dan pedih saat proses pengobatannya. Cuci dahulu agar bebas dari kuman.

5. Irisan kentang

Pilih kentang segar, cuci bersih, kemudian iris tipis (sesuaikan dengan ukuran bisul). Tempelkan irisan kentang ke kulit hingga menutupi bisul. Ikat kentang dengan kain kasa perban. Kentang ini bermanfaat untuk menyerap keluar nanah hingga ke permukaan kulit.

Proses pengobatan irisan kentang bisa diulangi tiap 6 jam sekali. Cara melepas perban, lembabkan kain perban dengan air hangat. Pengobatan secara alami ini bisa berlangsung selama 4-7 hari. Tidak semua orang cocok dengan pengobatan alami.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengobati bisul. Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini