Ciri-ciri Orang Terkena Penyakit Darah Manis

by
November 12th, 2013 at 10:56 am

CiriCara.com - Darah manis adalah sebuah istilah umum yang diberikan pada penyakit prurigo. Prurigo sendiri adalah penyakit yang sering menyerang kulit manusia.

ciri ciri orang terkena darah manis

ciri ciri orang terkena darah manis / Ist.

Penyakit ini akan menyerang oranga yang ‘berbakat’ mengidap penyakit tersebut. Berbakat di sini maksudnya adalah seseorang yang lahir dari garis keturunan para pengidap prurigo misal dari ayah atau ibunya.

Penyakit kulit ini lebih banyak menyerang anak laki-laki ketimbang anak perempuan. Prurigo dapat menjangkiti anak mulai usia 2 hingga 5 tahun.

Seorang anak yang diduga menderita prurigo atau darah manis dapat dites sejak dini melalui pemeriksaan darah. Melalui pemeriksaan tersebut akan diketahui apakah si anak mengidap penyakit darah manis atau tidak.

Lalu apa ciri-ciri lain yang mengindikasikan bahwa seseorang terkena penyakit bawaan tersebut? Simak daftar berikut!

1. Memiliki sel darah putih jenis eosinophyl

Lewat pemeriksaan darah, umumnya penderita prurigo akan memiliki sel darah putih jenis eosinophyl dalam jumlah yang lebih banyak. Jika sudah terindikasi sebaiknya penderita prurigo diberi penanganan secepat mungkin.

2. Muncul bintil-bintil kecil

Selain itu pada kulit penderita prurigo muncul bintil-bintil kecil seukuran jarum pentul. Bintil ini akan menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal juga akan menjalar ke bagian tubuh seperti pipi, lengan bawah, bokong, kulit tungkai, dan kulit perut.

Karena sering digaruk, binti tersebut akan meninggalkan bekas luka di tubuh berupa kerak berwarna hitam. Kadang, kerak berwarna hitam itu disusul dengan munculnya bisul yang bisa pecah dan menimbulkan bintik hitam pada kulit yang tidak bisa dihilangkan.

3. Alergi terhadap cuaca panas

Penderita prurigo memiliki alergi terhadap cuaca panas. Saat panas menyerang, kulit mereka akan mengalami gatal yang hebat. Oleh karena itu para penderita penyakit ini tidak dianjurkan untuk berjemur atau berhubungan langsung dengan sinar matahari.

4. Sering digigit nyamuk

Kelainan dalam darah para penderita membuat mereka ‘digemari’ nyamuk. Bila berada di kebun atau di luar ruangan, nyamuk dengan gampang akan mengerubuti si penderita. Rasa gatal yang ditimbulkan akibat gigitan nyamuk juga akan menimbulkan bekas luka yang menghitam.

Oleh karena itu penderita tidak disarankan untuk keluar di tempat terbuka seperti kebun dan hutan tanpa pakaian yang benar-benar tertutup.

Baca juga: CiriCara: Ciri-ciri Orang Terkena Penyakit Kuning

(RN)