Topan Haiyan Hantam Filipina, Indonesia Masih Aman

by
November 12th, 2013 at 9:39 am

Jakarta (CiriCara.com) – Topan Haiyan menghantam sejumlah wilayah di Filipina, Jumat (8/11/2013) pekan lalu. Topan terbesar yang melanda Filipina itu mengakibatkan sekitar 10 ribu orang meninggal. Ribuan rumah pun hancur tersapu angin kencang.

topan haiyan filipina

Kerusakan akibat topan Haiyan – Ist

Presiden Filipina Benigno Aquino menyatakan darurat bencana nasional untuk mempercepat upaya bantuan bagi korban topan Haiyan. Dua provinsi yang terkena dampak paling buruk adalah Leyte dan Samar.

Menurut informasi yang terbaru, topan Haiyan telah sampai di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Kekuatan Topan Haiyan ini sudah berkurang dan berubah menjadi badai tropis. Namun, topan diperkirakan masih akan terus bergerak.

Apakah Indonesia akan terkena dampak Topan Haiyan?

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Mulyono Prabowo mengatakan bahwa topan Haiyan tidak akan masuk ke Indonesia. Dia pun mengimbau agar masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir dengan isu topan Haiyan masuk ke Indonesia.

“Topan Haiyan tidak akan berbelok ke Indonesia,”kata Mulyono, Senin (11/11/2013) kemarin.

Baca juga: Amerika Diterjang Topan Sandy.

Meskipun demikian, lanjut Mulyono, Indonesia hanya akan terkena dampak tidak langung dari topan Haiyan. Dampak tersebut berupa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang akan terjadi di Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan bagian utara.

Sementara itu, Juru Bicara BMKG Kukuh Ribudiyanto mengatakan bahwa topan Haiyan diperkirakan sudah melemah. Menurutnya, kekuatan topan tersebut sudah mulai berkurang sejak kemarin.

Terkait dengan bencana yang menimpa Filipina, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) menginformasikan bahwa tidak ada WNI yang menjadi korban topan Haiyan. “Tidak ada korban jiwa dari WNI,” kata Minister Counselor Sosial Budaya KBRI Manila Toto Waspodo.

(YG)

Comment di sini