Video: Dampak Topan Haiyan Filipina Seperti Tsunami Aceh

by
November 12th, 2013 at 11:43 am

Manila (CiriCara.com) – Terjangan topan Haiyan di Filipina, Jumat (8/11/2013) lalu, mengakibatkan ribuan rumah hancur. Puluhan ribu korban diperkirakan meninggal dunia akibat bencana alam tersebut.

topan haiyan filipina

Topan Haiyan dari satelit – VOA

Anggota Tim Penanggulangan Bencana PBB, Sebastian Rhodes Stampa mengatakan bahwa dampak topan Haiyan itu sama seperti dampak tsunami pada tahun 2004 di Aceh, Indonesia. Menurutnya, banyak rumah warga yang rata dengan tanah.

“Kerusakannya sangat besar. Jalanan dipenuhi dengan puing-puing. Fenomena ini sama dengan tsunami (Aceh) beberapa tahun lalu,” kata Stampa, seperti dikutip dari Nine MSN, Senin (11/11/2013) kemarin.

Baca juga: Topan Haiyan Menuju Indonesia?

Topan Haiyan itu sendiri telah melalap habis 6 pulau di Filipina. Sebagian besar korban tewas berada di Pulau Leyte. Presiden Filipina Benigno Aquino pun langsung mengeluarkan imbauan bencana nasional atas terjangan topan “monster” ini.

Sekadar info, tsunami 2004 menjadi yang terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Sebanyak 80 ribu warga Aceh dilaporkan meninggal dunia. Tsunami itu juga menerjang negara lainnya, seperti Sri Lanka, India, dan Thailand.

Berikut video hantaman topan Haiyan di Filipina, 8 November 2013:

Beirkut video terjangan tsunami di Aceh, 26 Desember 2004 silam:

(YG)

Comment di sini