Cara Alami Mengatasi Insomnia dengan Makanan

by
November 13th, 2013 at 8:41 am

CiriCara.com – Istilah insomnia sudah akrab sekali di telinga kita. Gangguan tidur berupa sulit tidur ini merupakan gangguan yang tidak dapat dianggap remeh.

Insomnia

Insomnia / NYDaily

Pasalnya tidur merupakan salah satu kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi. Berkurangnya jam tidur secara terus-menerus dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan baik secara psikis maupun fisik.

Gangguan psikis yang ditimbulkan oleh insomnia biasanya berupa perasaan cemas, mudah marah dan tersinggung. Sedangkan gangguan fisik yang ditimbulkan oleh insomnia berupa peningkatan tekanan darah, hingga memicu timbulnya penyakit jantung dan diabetes.

Berdasarkan akibat atau komplikasi insomnia yang telah dijelaskan di atas, maka saat ini banyak penderita insomnia yang bersedia untuk memeriksakan dan berobat ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat-obat yang memiliki efek sebagai penenang dan anti-depresan.

Berhubung obat-obatan yang diberikan merupakan obat-obatan yang mempengaruhi sistem saraf, maka jika Anda adalah seorang penderita insomnia, sebaiknya sebelum Anda ke dokter dan insomnia yang dialami tidak begitu parah, ada baiknya Anda mencoba terapi insomnia dengan bahan makanan dan minuman yang juga memiliki efek menenangkan sistem saraf.

Berikut adalah beberapa bahan makanan dan minuman yang memiliki manfaat bagi penderita insomnia :

1.Telur

Kandungan protein yang tinggi pada telur dapat mencegah insomnia. Untuk memperoleh kandungan protein yang tinggi, maka teknik pengolahan telur pun menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan. Telur yang direbus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur dadar atau telur mata sapi. Cobalah untuk mengkonsumsi satu butir telur rebus sebelum tidur, maka Anda akan merasakan tidur lebih lama dan lebih nyenyak.

2. Susu Sapi

Senyawa penting dalam susu sapi yang penting bagi penderita insomnia adalah tryptophan dan kalsium. Kedua kandungan tersebut memiliki efek menenangkan serta relaksasi otot. Dengan meminum segelas susu hangat atau dingin menjelang tidur akan mengurangi stress serta mengantarkan Anda ke alam mimpi.

3. Kacang Almond

Kacang kaya vitamin B dan asam folat ini tidak hanya memiliki cita rasa yang menggoda untuk dinikmati, namun juga bermanfaat bagi penderita insomnia. Dengan mengkonsumsi roti tawar dengan selai kacang almond setiap sarapan pagi akan membantu siklus tidur Anda menjadi lebih teratur dan lebih nyenyak.

Makanan untuk mencegah insomnia

Makanan untuk mencegah insomnia / Ist.

4. Pisang

Sebutan “Buah Ajaib” bagi buah pisang sepertinya bukan hal yang berlebihan. Pasalnya pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi penderita insomnia. Kandungan magnesium, potassium dan juga tryptophan dalam buah pisang membantu menenangkan saraf sehingga memberikan efek relaksasi.

5. Ikan

Ikan segar seperti lele, cod, dan juga tuna memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi penderita insomnia.

6. Teh Herbal

Teh yang terbuat dari ekstrak Camelia sinensis ternyata memiliki manfaat melancarkan peredaran darah serta menenangkan pikiran.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh penderita insomnia. Jika Anda salah satu dari penderita insomnia, maka makanan dan minuman di atas dapat Anda coba untuk konsumsi secara rutin.

Baca jugaCiriCara: Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Comment di sini