Cara Berpakaian ala Anak Harajuku

by
November 13th, 2013 at 10:51 am

CiriCara.comHarajuku adalah sebuah kawasan di distrik Shibuya, Tokyo yang banyak dikunjungi oleh anak-anak muda Jepang. Setiap akhir pekan, para anak-anak muda tersebut akan datang ke Harajuku dengan penampilan yang nyleneh untuk mengekspresikan diri mereka.

Tak jarang karena banyak anak muda yang nongkrong di sana, Harajuku menjadi ikon kebebasan anak muda Jepang untuk berekspresi dalam berpakaian. Bagi kamu penggemar budaya Jepang, tentunya kamu sudah tidak asing dengan gaya berpakaian Harajuku.

Jika kamu ingin sekali meniru gaya berpakaian para anak muda Jepang tersebut, kamu perlu memperhatikan patokan sebagai berikut:

1. Padu padankan pakaian

Karena Harajuku adalah sebuah tempat dimana kamu bebas berekspresi, kamu tidak perlu memperhatikan apakah kostum yang akan kamu pakai sesuai dengan warna kulit atau aksesori lain yang kamu pakai.

Warna, corak, motif, ukuran antara baju, celana, kaos kaki harus dibuat berbeda. Kamu tidak perlu memperhatikan kecocokan pakaian yang kamu pakai karena kamu dibebaskan untuk berekspresi.

Biasanya para anak muda yang sering bersliweran di Harajuku akan berpenampilan dalam beberapa  kategori seperti.

  • Gothic Lolita
Gothic Lolita

Gothic Lolita / Ist.

Gothic Lolita adalah cara berpakaian yang seperti putri zaman Victoria dengan gaun yang elegan namun didominasi oleh warna hitam dan putih.

  • Sweet Lolita
Sweet Lolita

Sweet Lolita / Ist.

Sama seperti Gothic Lolita, cara berpakaia seperti ini mirip dengan seorang putri. Bedanya Sweet Lolita tidak melibatkan warna hitam namun menggunakan warna-warna cerah seperti pink, ungu, biru dan sebagainya mirip seperti boneka.

  • Punk Jepang
Punk Jepang

Punk Jepang / Ist

Cara berdandan seperti dipengaruhi oleh gaya busana punk. Biasanya si pemakai akan memakai aksesori tambahan seperti tindik dan aksesori lainnya ala anak punk.

  • Cosplay
Cosplay Harajuku

Cosplay Harajuku / UBC

Nah, cara berpakaian yang satu ini tentunya sudah sangat dikenal oleh anak-anak muda di seluruh penjuru dunia. Kamu bisa bepakaian seperti karakter idolamu di anime (serial kartun Jepang), manga (komik Jepang) atau game seperi Naruto, One Piece, dan lainnya.

  • Decora
Decora

Decora / Ist

Decora adalah cara berpakaian yang biasanya didominasi oleh warna-warna terang seperti pink terang. Para pemakai biasanya akan menambahkan banyak sekali aksesoris dari kepala sampai ke ujung kaki. Bahkan si pemakai tak jarang menambahkan boneka dan mainan ke baju yang mereka pakai.

  • Kawaii
Kawaii Harajuku

Kawaii Harajuku / Ist

Dalam bahasa Jepang, kawaii berarti imut. Sesuai dengan namanya, pemakai akan berpenampilan seimut mungkin bahkan sampai menyerupai cara anak kecil berpakaian.

  • Wamono
Wamono

Wamono / Ist

Terakhir adalah cara berpakaian Wamono. Cara berpakaian ini menggabungkan kimono tradisional Jepang dengan gaya berpakaian ala barat.

2. Pakai aksesoris

Setelah kamu menentukan gaya berpakaian mana yang akan kamu ikuti, jangan lupa untuk menggunakan aksesoris. Pakai aksesoris apapun yang kamu sukai seperti cincin, gelang, kalung, topi, dan lainnya.

3. Make up

Intinya, kamu harus sering bermain dengan make up. Tidak perlu risih untuk berdandan menor di sini, yang penting itu sesuai dengan jenis gaya yang kamu ikuti. Tambahkan lensa kontak atau bulu mata jika kamu ingin lebih bereksperimen dengan gaya dandananmu.

4. Rambut

Sesuaikan gaya rambut kamu dengan gaya Harajuku yang akan kamu ikuti. Misalnya, kamu ingin mengikuti gaya Sweet Lolita, buatlah rambut kamu ikal di bawah.

Kamu harus banyak bermain warna di sini. Tak heran jika dalam gaya berpenampilan harajuku, rambut akan berubah menjadi warna-warni seperti hijau, merah, ungu, dan biru. Jika kamu malas mengubah gaya rambut aslimu, pakailah wig.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin berpakaian ala Harajuku. Yang paling penting, jangan takut dianggap aneh karena Harajuku melambangkan kebebasan dalam berpakaian, jadi berekspresilah!

 Baca jugaCiriCara: Cara Berpenampilan Ala Bintang Korea

(RN)

Comment di sini