Cara Membuat Kerupuk Jengkol

by
November 13th, 2013 at 2:50 pm

CiriCara.com – Jengkol memang dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki bau yang khas. Selain disemur, ternyata jengkol juga bisa dibuat menjadi kerupuk. Uniknya, kerupuk jengkol ini tidak akan membuat mulut Anda bau seperti saat makan semur jengkol.

kerupuk jengkol

Kerupuk jengkol – Ist

Seperti kerupuk pada umumnya, kerupuk jengkol ini mempunyai tekstur yang gurih dan renyah. Hanya saja kerupuk jengkol mempunyai aroma yang khas, tidak seperti kerupuk lainnya. Tak heran, banyak orang yang suka dengan kerupuk jengkol ini.

Baca juga: Cara Membuat Kerupuk Ikan.

Kerupuk jengkol sendiri sudah banyak dijual di warung-warung makanan di sejumlah daerah. Beberapa pengusaha rumahan sudah banyak yang memproduksi kerupuk jengkol. Tertarik untuk membuat kerupuk jengkol di rumah?

Resep Kerupuk Jengkol

Bahan:
- 1 kg jengkol
- 2 kg tepung tapioka
- 300 ml air hangat
- 50 gram bawang putih, haluskan
- Penyedap rasa, secukupnya
- Garam, secukupnya
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat kerupuk jengkol:
1. Kupas jengkol, cuci sampai bersih. Rendam dalam air bersih selama 20 menit, ganti air rendaman, lalu rendam lagi selama 20 menit. Lakukan perendaman sebanyak 3 kali. Angkat dan tiriskan.

2. Masukkan jengkol ke dalam panci yang sudah diisi air. Tambahkan garam lalu rebus jegkol hingga kulit arinya mengelupas. Angkat dan tiriskan.

3. Bersihkan kulit ari jengkol, tumbuk hingga halus. Tambahkan tepung tapioka, bawang putih, air hangat, garam, dan penyedap rasa, aduk-aduk hingga menjadi adonan. Uleni hingga semua bahan tercampur rata.

4. Bentuk adonan menjadi bulat memanjang seperti lontong, bungkus dengan daun pisang atau plastik. Kukus selama 40 menit, angkat dan tiriskan.

5. Iris tipis adonan yang sudah dikukus tadi, jemur irisan adonan hingga benar-benar kering. Setelah kering, goreng adonan yang sudah dijemur tadi hingga matang. Angkat dan simpan di tempat kedap udara. Kerupuk jengkol siap untuk dinikmati.

Selamat mencoba! (YG)

Comment di sini