Penelitian: Perilaku Nakal Anak Diturunkan dari Orangtua

by
November 13th, 2013 at 10:31 am

CiriCara.com – Kebanyakan orangtua menganggap perilaku nakal anak muncul karena hasil salah didik. Namun, para peneliti mempunyai penjelasan yang berbeda. Mereka menyebutkan bahwa sifat nakal anak merupakan keturunan dari sifat orangtuanya. Benarkah?

contoh anak nakal

Anak nakal – Ist

Peneliti dari Oregon State University mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil studi, ada gen tertentu yang mempengaruhi perilaku anak. Gen tersebut diturunkan dari orangtua (ayah dan ibu) kepada anaknya.

Koordinator Peneliti, Dr Shannon Lipscomb mengatakan bahwa ada beberapa anak nakal yang sulit dinasehati meski sudah dididik dengan baik. Menurut Dr Lipscomb penyebab dari hal ini adalah gen dari orangtua.

“Salah satu faktor penyebab perilaku buruk ternyata berasal dari gen,” kata Dr Lipscomb, seperti dilansir Daily Mail.

Baca juga: Cara Menghadapi Emosi Anak.

Meskipun demikian, Dr Lipscomb tidak menyarankan para orangtua untuk melakukan tes gen pada anak. Dr Lipscomb hanya mengimbau agar para orangtua lebih bisa bersikap bijak dalam menghadapi anak yang nakal.

“Orangtua mungkin harus memperlakukan anaknya dengan metode yang benar, seolah mereka menghadapi dirinya sendiri,” imbau Dr Lipscomb.

Baca juga: Cara Mengatasi Perilaku Buruk Anak.

Sebanyak 233 keluarga terlibat dalam penelitian tersebut. Dari hasil penelitian itu juga ditemukan bahwa orangtua dengan emosi negatif yang tinggi, cenderung memiliki anak yang juga cukup sulit diatur atau nakal.

Hasil penelitian tersebut sudah dilaporkan dalam International Journal of Behavioural Development. (YG)

Comment di sini