Tips Membeli Makanan yang Sehat

by
November 13th, 2013 at 1:57 pm

CiriCara.com – Penyakit juga bisa datang dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Salah memilih makanan bisa membuat Anda jadi sakit perut atau bahkan keracunan. Karenanya, Anda harus teliti sebelum membeli makanan.

membeli makanan kemasan

Membeli makanan – Ist

Beberapa makanan yang dijual saat ini kebanyakan menggunakan campuran bahan kimia. Meski dalam ukuran yang sedikit, bahan kimia itu tetap saja berbahaya jika terus dikonsumsi setiap hari. Itulah sebabnya makanan buatan sendiri dinilai lebih aman.

Namun jika Anda terpaksa membeli makanan di luar, ada baiknya Anda berhati-hati. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, silakan simak tips membeli makanan yang sehat berikut ini:

1. Komposisi

Jika Anda akan membeli makanan kemasan, ada baiknya perhatikan dulu bahan yang digunakan atau komposisinya. Hindari makanan yang mengandung banyak bahan kimia. Pastikan Anda tidak alergi dengan salah satu bahan pembuat makanan tersebut.

2. Hindari makanan kaleng

Saat membeli makanan, sebaiknya Anda hindari makanan kaleng. Sebab kebanyakan makanan kaleng biasanya mengandung banyak sodium. Makanan kaleng juga biasanya mengandung banyak bahan pengawet lainnya.

3. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Pilihlah makanan yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Selain menghindari keracunan, Anda juga bisa menyimpannya untuk sewaktu-waktu. Biasakan untuk selalu melihat tanggal kadaluarsa suatu produk makanan sebelum Anda membelinya.

4. Nomor BPOM

Pastikan makanan yang akan Anda beli sudah mendapat ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Semua makanan kemasan yang sudah terdaftar pasti mempunyai nomor BPOM yang bisa dicek secara online.

5. Nilai gizi

Selain memilih rasa, Anda juga harus pandai dalam memilih kandungan gizi. Jangan sampai makanan atau camilan yang Anda beli itu justru membuat tubuh jadi gemuk. Perhatikan kebutuhan energi Anda dan bandingkan dengan nilai gizi pada makanan tersebut.

Ingat! Mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat. (YG)

Comment di sini