Buang Sampah Sembarangan, Jokowi: Denda Rp 50 Juta

by
November 14th, 2013 at 1:50 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi mengimbau warga dan perusahaan di Jakarta untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah banjir di Jakarta apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan.

joko widodo

Jokowi patroli sungai – Ist

Jokowi mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sanksi bagi warga maupun perusahaan yang membuang sampah sembarangan. Sanksi yang akan diberikan berupa denda mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 50 juta.

“Untuk masyarakat kena Rp 500 ribu, kalau perusahaan yang buang sampah (sembarangan) kena denda Rp 50 juta,” kata Jokowi saat melakukan patroli sampah di sungai Ciliwung, ruas Jembatan Besi, Jakarta Barat, Kamis (14/11/2013).

Menurut Jokowi, masalah banjir di Jakarta juga tidak lepas dari ulah warga Jakarta yang suka membuang sampah sembarangan. Karenanya, Jokowi pun mengajak semua warga untuk ikut menjaga kebersihan sungai agar tidak terjadi banjir.

“Ini saatnya mengedukasi masyarakat,” ujar Jokowi yang juga merupakan mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah itu. Baca juga: Masuk Jalur Busway Denda Rp 1 Juta.

Jokowi bersama Asisten Teritorial Kepala Staff Angkatan Darat Mayor Jenderal Meris Wiryadi melakukan patroli sungai Ciliwung. Selain memantau kebersihan sungai, patroli ini juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi agar warga tidak buang sampah sembarangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin menjelaskan bahwa sanksi pemberian denda tersebut akan segera diterapkan tahun depan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) sebagai penegak hukumnya.

Mengenai jumlah personel yang akan diturunkan ke lapangan, Unu mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan perundingan. Namun, diperkirakan ada ribuan personel gabungan TNI yang akan menjaga kebersihan sungai Ciliwung.

(YG)

Comment di sini