Cara Mengatur Keuangan Bagi Karyawan yang Kos

by
November 14th, 2013 at 11:09 am

CiriCara.com – Jauhnya lokasi pekerjaan dengan rumah membuat karyawan terpaksa harus kos atau menyewa tempat tinggal yang dinilai dekat dengan lokasi kantor atau tempat kerja.

cara mengatur keuangan bagi karyawan yang kos

cara mengatur keuangan bagi karyawan yang kos / Ist.

Dengan kos berarti kita harus mengatur hidup kita sendiri mulai dari makan harian, biaya ke kantor, dan biaya lain-lain.

Jika gagal dalam mengelola keuangan ini maka di tengah bulan gaji akan habis dan terpaksa harus mencari berbagai macam cara untuk bertahan selama sisa waktu sebelum gajian tiba.

Agar terhindar dari masalah keuangan yang sering menimpa karyawan yang hidup sendiri, ada baiknya Anda menggunakan cara-cara yang dilansir dari Wolipop:

1. Buat anggaran bulanan

Mau tidak mau Anda harus mulai bisa membuat anggaran pengeluaran bulanan. Tujuannya tentu saja agar Anda lebih bisa mengontrol gaji Anda.

Meski gaji pas-pasan tetapi jika Anda bisa mengatur anggaran keuangan, dijamin Anda tidak akan mengeluh kehabisan gaji di tengah bulan. Pastikan bahwa Anda  menyisihkan gaji Anda untuk biaya tak terduga seperti biaya jalan-jalan dan kesehatan.

Yang paling penting, Anda bisa memprioritaskan kebutuhan utama dan kebutuhan yang hanya menjadi keinginan saja. Buatlah biaya sewa kos menjadi prioritas utama setiap bulannya agar Anda tidak perlu berhutang atau telat membayar kos.

2. Pilih kos yang murah

Di kota besar seperti Jakarta, ada banyak sekali tempat kos yang tersedia. Pilihlah tempat kos yang setara dengan gaji yang Anda dapat. Jangan memilih tempat kos yang mahal meski fasilitas yang ditawarkan terbilang mewah.

Namun meski murah, pastikan bahwa tempat kos itu nyaman untuk Anda tempati dan dekat dengan tempat kerja untuk menghemat ongkos.

3. Kendalikan nafsu belanja

Kebiasaan utama yang dilakukan karyawan utamanya karyawati saat menerima gaji adalah belanja. Merasa uang sudah di tangan, kadang-kadang karyawan berbelanja hanya karena lapar mata.

Hentikan kebiasaan ini. Belanjakanlah uang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan Anda. Ingatlah anggaran keuangan yang Anda buat dalam sebulan dan pastikan Anda masih bisa bertahan dengan gaji sampai akhir bulan.

Cara mengatur keuangan

Cara mengatur keuangan / Ist.

4. Rencanakan perjalanan Anda sejak lama

Karyawan yang kos karena lokasi kerja dipastikan akan mudik saat hari-hari raya maupun hari libur panjang tiba. Untuk itu agar mendapat harga tiket pesawat, kereta, atau bus yang murah, Anda harus memesan tiket tersebut jauh-jauh hari agar harga yang didapat lebih murah.

5. Batasi penggunaan kartu kredit

Bagi karyawan yang menggunakan kartu kredit, sebaiknya Anda mulai membatasai penggunaan kartu kredit ini. Kartu kredit bukan alat untuk berhutang. Ingatlah bahwa fungsi utama kartu ini adalah memudahkan Anda untuk berbelanja tanpa membawa uang tunai, bukan berhutang.

Baca jugaCiriCara: Cara Pintar Mengelola Gaji

(RN)

Comment di sini