Tips Agar Tetap Bugar Meski Kehujanan

by
November 14th, 2013 at 10:50 am

CiriCara.com – Musim hujan sering disebut-sebut sebagai musim penyakit. Kehujanan saat berangkat atau pulang kerja bisa membuat tubuh jadi sakit, entah itu batuk maupun pilek. Tidak mau mengalami sakit di musim hujan?

kehujanan

Kehujanan – Antara

Sejatinya penyakit itu datang bukan karena hujan, tapi karena kondisi kekebalan tubuh yang melemah. Saat pergantian musim, beberapa orang mengalami kesulitan untuk beradaptasi sehingga tubuh jadi melemah dan mudah sakit saat terkena hujan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mencegah penyakit akibat hujan. Perhatikan penjelasannya berikut ini:

1. Teh herbal

Teh herbal biasanya dibuat dari perpaduan teh, lada, cengkeh, jahe, mint, dan rasa buah. Minuman ini sangat bermanfaat untuk mencegah batuk dan pilek. Teh herbal ini mempunyai kemampuan untuk menghangatkan tubuh dan mencegah infeksi pada tenggorokan. Minum teh herbal setiap pagi selama musim hujan.

2. Minyak kayu putih

Setelah kehujanan, tubuh akan merasa kedinginan. Untuk menghindari gejala flu dan juga demam, ada baiknya olesi tubuh dengan minyak kayu putih. Usahakan untuk selalu sedia minyak kayu putih selama musim hujan.

3. Makan tepat waktu

Kehujanan saat kondisi perut masih kosong bisa membuat Anda mudah diserang penyakit. Sebaiknya makan dahulu sebelum akan berpergian saat musim hujan. Kekebalan tubuh akan terjaga jika kondisi tubuh Anda juga fit.

4. Minum air hangat

Hindari mengkonsumsi es krim atau minuman dingin lainnya, agar Anda tidak terserang pilek saat musim hujan. Jika kehujanan, atasi rasa dingin dengan meminum air hangat, bisa teh atau wedang jahe. Dengan begitu tubuh akan kembali terasa segar.

5. Jaga kebersihan

Setelah kehujanan, Anda sebaiknya segera mandi. Bersihkan tubuh Anda dari kotoran yang ada di rambut hingga kaki. Setelah mandi, Anda bisa beristirahat sambil meminum dan menyantap makanan yang hangat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba agar tetap sehat di musim hujan kali ini. Jangan lupa juga untuk selalu sedia payung sebelum hujan.

(YG)

Comment di sini