Tolak Perayaan Asyura Syiah, Demonstran Tantang Duel

by
November 14th, 2013 at 4:40 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Perayaan Asyura yang digelar jamaah Syiah di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara didatangi sejumlah massa demonstran yang menolak ritual tersebut. Suasana di sekitar lokasi pun sempat membuat warga sekitar panik.

perayaan asyura di indonesia

Kaum Syiah Indonesia – Ist

Para demonstran mendesak agar acara perayaan Asyura jamaah Syiah segera dibubarkan. Pendemo juga menantang jamaah Syiah untuk bertarung satu lawan satu. Demonstran pun meminta polisi untuk membiarkan mereka masuk.

“Izinkan salah satu anggota kita (pendemo) untuk bertarung satu lawan satu dengan yang di dalam Balai Samudra,” kata salah satu orator di atas mobil komando, seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (14/11/2013).

Menurut kelompok Aliansi Sunnah Untuk Kehormatan Keluarga dan Sahabat Nabi, acara Asyura yang diadakan kaum Syiah itu adalah ritual sesat. “Ini kita nilai sesat,” kata Amrullah, salah satu anggota yang bertugas sebagai wakil koordinator aksi demo.

Seperti dikutip dari Metrotvnews.com, acara Asyura adalah peringatan kematian cucu Nabi Muhammad, Husain, yang diadakan setiap tanggal 10 Muharram. Kaum Syiah sangat sedih atas kematian Husain saat itu.

Baca juga: Inilah Perbedaan Sunni dengan Syiah.

Dalam acara Asyura ini, kaum Syiah akan melakukan ritual memukul dada, bahu, menampar pipi, dan melukai badan sampai berdarah-darah. Ritual tersebut dilakukan sebagai wujud kesedihan kaum Syiah terhadap kematian Husain.

Namun, menurut Amrullah, ritual Asyura yang dilakukan kaum Syiah di Indonesia belum seperti ritual Asyura di Iran yang sampai melukai tubuh. Amrullah menilai kaum Syiah di Indonesia masih takut untuk melakukan ritual seperti di Iran.

“Di sini belum sampai aksi berdarah, mereka masih takut,” ujar Amrullah.

(YG)

Comment di sini