Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

by
November 15th, 2013 at 1:17 pm

CiriCara.com – Sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Para pemotor tentu akan menemui kendala saat jalanan mulai dipenuhi genangan air. Selain bisa membuat mesin mogok, genangan air juga membuat rantai motor jadi mudah kotor.

rantai motor awet

Rantai motor – Ist

Rantai motor yang kotor akan mudah terkena karat. Jika sudah karatan, rantai pun akan semakin rawan putus saat digunakan. Tidak hanya itu, rantai juga biasanya akan mengeluarkan bunyi berisik akibat kotoran yang masih menempel.

Untuk mencegah rantai putus di tengah jalan, sebaiknya selalu perhatikan kebersihan rantai motor Anda. Berikut ada beberapa tips untuk merawat rantai motor agar tetap awet. Simak baik-baik penjelasannya.

1. Atur kekencangan rantai

Setel kekencangan rantai Anda sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan pabrik. Selain untuk mencegah rantai terlepas, penyetelan kekencangan rantai ini juga bermanfaat untuk menghindari bunyi berisik pada rantai.

2. Bersihkan rantai secara rutin

Anda sebaiknya membersihkan rantai sepeda motor setiap 1.000 km. Bersihkan rantai dari kotoran yang menempel. Pembersihan ini dapat membuat rantai jadi tahan lebih lama dan terlihat seperti baru.

3. Pilih pelumas yang tepat

Hindari pemakaian oli bekas sebagai pelumas rantai motor. Oli bekas itu sudah kotor karena bercampur dengan sisa gesekan pada mesin. Selalu gunakan oli khusus untuk rantai sehingga rantai tetap bersih dan awet.

4. Ganti gir

Segera ganti gir sepeda motor Anda jika sudah aus. Gir yang aus akan mengakibatkan posisi rantai jadi tidak pas dan kendur. Selain bisa menimbulkan suara berisik, hal ini juga bisa membuat rantai mudah terlepas.

Baca juga: Cara Agar Motor Sport Tetap Aman Terjang Banjir.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan agar rantai sepeda motor tetap awet. Selalu bersihkan rantai sepeda motor secara rutin agar tidak mudah berkarat. Apalagi, saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

(YG)