Gadis 17 Tahun Ini Dilahirkan Tanpa Alat Reproduksi

by
November 15th, 2013 at 4:22 pm

London (CiriCara.com) – Seorang gadis berumur 17 tahun di Inggris menderita penyakit langka. Akibatnya ia harus hidup tanpa vagina atau alat reproduksi.

Jacqui Beck menderita MRKH

Jacqui Beck menderita MRKH / Huffington Post

Gadis bernama Jacqui Beck tersebut baru menyadari bahwa ia tidak memiliki alat reproduksi karena tidak kunjung menstruasi seperti teman-temannya yang lain.

Jacqui didiagnosa dengan penyakit langka bernama sindrom MRKH, sebuah penyakit genetis yang menyebabkan wanita tidak bisa memiliki vagina, rahim serta leher rahim.

Saat pertama kali mengetahuinya, Jacqui menangis. Ia harus menerima kenyataan bahwa ia tidak bisa menstruasi, mengandung, dan juga berhubungan intim jika sudah menikah nanti. Saking depresinya, Jacqui bahkan merasa bukan seperti wanita lagi.

Tentunya Jacqui tidak sendiri karena menurut penelitian dari National Insitutes of Health, sindrom MRKH atau Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser menimpa satu dari 4.500 perempuan.

MRKH menyebabkan sistem reproduksi berhenti bekerja. Para penderita umumnya akan memiliki alat genital yang normal dan baru bisa dideteksi ketika perempuan tidak kunjung menstruasi meski umurnya sudah 16 tahun.

Wanita lain yang menderita MRKH adalah Christina Ruth yang juga juga baru mengetahui kondisi penyakitnya saat umurnya 17 tahun.

Penyakit MRKH ini dapat disembuhkan dengan operasi untuk membuat saluran reproduksi tiruan. Saat indung telur sudah keluar, indung telur itu akan dibuahi di kandungan wanita lain.

Baca juga: Kisah Inspiratif Putri Herlina, Gadis Cantik Tanpa Tangan 

(RN)

Huffington Post

Comment di sini