Kunjungi Makam, Jokowi Disebut Main Klenik

by
November 15th, 2013 at 2:07 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Akademisi dan Sejarawan JJ Rizal menyebut Gubernur DKI Jakarta Jokowi melakukan aktivitas klenik untuk melancarkan karir politik. Aktivitas klenik Jokowi itu dilakukan pada saat mengunjungi makam.

jokowi klenik

Jokowi mobil Esemka – Ist

Rizal menyebut salah satu aktivitas klenik Jokowi adalah nyekar ke makam Pangeran Jayakarta. Hal ini dilakukan Jokowi sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta. Klenik sering dilakukan politisi sebagai wujud meminta ijin dalam karir politik.

“Sebelum jadi Gubernur DKI kan dia (Jokowi) ke makam Pangeran Jayakarta juga, padahal itu bukan makam Pangeran Jayakarta,” kata Rizal yang merupakan lulusan dari Universitas Indonesia (UI).

Menanggapi komentar tersebut, Jokowi pun membantah dirinya telah melakukan klenik. Menurut Jokowi, dirinya terpilih menjadi Gubernur DKI karena strategi pendekatan ke masyarakat, bukan menggunakan klenik.

“Pendekatan ke masyarakat dengan baik. Yang penting itu. Masa zaman sekarang masih pakai klenik,” kata Jokowi yang terlihat kaget mendapat tudingan klenik tersebut, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (15/11/2013).

Jokowi pun mengaku bingung kenapa dirinya bisa dituding sering mengunjungi makam. Jokowi mengatakan bahwa dirinya hanya mengunjungi makam orangtua untuk mendoakan bukan untuk melakukan klenik.

“Wong tiap hari ke sini (Balai Kota) kok, masa dibilang pergi ke makam keramat. Kita paling nyekar ke makam bapak, ke orangtua, ke mertua,” kata Jokowi.

Baca juga: Tanggapan Jokowi Soal Isu Santet.

Tradisi mengunjungi makam memang sering dilakukan sejumlah politisi yang akan mencalonkan diri. Sejumlah makam tokoh dan sesepuh di wilayah tertentu sering menjadi tujuan para politisi.

(YG)

Comment di sini