Penyebab Orang Mendadak Galau Saat Hujan

by
November 15th, 2013 at 2:24 pm

CiriCara.com – Air hujan yang tercurah deras dari langit serta hawa dingin kadang-kadang membuat orang gembira menjadi sedih dan yang sedih menjadi semakin sedih. Apakah hal serupa juga Anda pernah Anda alami?

Galau saat musim hujan

Galau saat musim hujan / Ist.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa orang cenderung sedih dan galau saat hujan turun seperti dikutip dari Wolipop yaitu:

1. Seasonal Affective Disorder

Perasaan sedih dan galau yang muncul dalam diri seseorang karena cuaca atau hujan bisa disebabkan karena ia mengalami salah satu bentuk depresi yang disebut Seasonal Affective Disorder (SAD) atau gangguan mood karena musim.

Dilansir oleh Detik.com dari Foxnews, gangguan seperti ini sudah diderita oleh 20 persen orang dewasa di Amerika Serikat dan tak menutup kemungkinan bahwa penduduk negara lain termasuk Indonesia juga mengalami gangguan yang sama.

Selain sedih, si penderita juga akan mengalami ras sensitif yang luar biasa, mudah sekali lelah, nafsu makan meningkat, dan kehilangan gairah untuk bekerja.

2. Depresi

Selain SAD, faktor lain yang menyebabkan orang sering sedih saat hujan turun adalah depresi. Depresi di sini adalah perasaan putus asa, bersalah, dan kesedihan mendalam selama lebih dari dua pekan. Gejala ini diperkirakan akan semakin memburuk saat musim hujan datang.

3. Mood yang memburuk

Suasana hati yang buruk akan semakin memburuk saat hujan tiba-tiba turun. Mood hati yang buruk biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal seperti tingkat aktivitas, permasalah pribadi, lingkungan, dan lainnya.

Baca jugaTips Agar Tetap Bugar Meski Kehujanan

Itulah ketiga hal yang bsia menyebabkan orang mengalami kesedihan yang luar biasa saat hujan turun. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan hal-hal yang tetap membantu mood Anda stabil seperti mendengarkan musik, membaca, menghubungi teman, dan hal-hal positif lainnya. (RN)

Comment di sini