Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliahan

by
November 18th, 2013 at 2:23 pm

CiriCara.com – Cobaan mahasiswa yang bersekolah di tempat yang jauh dari rumah memang sangat berat. Selain harus berpisah dari orangtua, mereka juga harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan.

uang kuliah

Uang pendidikan – Ist

Masalah keuangan sering menjadi alasan para mahasiswa untuk menunggak bayar kos atau sewa rumah. Terkadang, mereka juga sering tidak makan karena uang yang dimiliki tidak cukup untuk biaya hidup satu bulan. Tidak mau mengalaminya?

Kamu tidak perlu khawatir, semua kejadian di atas tidak akan terjadi jika kamu bisa mengatur keuangan dengan baik. Untuk itu, ikuti beberapa cara mengatur keuangan untuk anak kuliahan berikut ini:

1. Bedakan kebutuhan

Kebutuhan anak kuliah ada 2, yakni primer dan sekunder. Kebutuhan primer itu meliputi buku, pensil, tempat kos dll. Sementara kebutuhan sekunder berupa smartphone, laptop, dll. Jika uang diperkirakan tidak cukup, maka utamakanlah untuk membayar kebutuhan primer dahulu.

2. Dilarang gengsi

Pilihlah tempat kos yang murah namun nyaman. Jangan malu makan di Warteg selama makanan yang dijual itu sehat. Untuk mengisi perut dengan makanan yang sehat dan enak tidak harus di restoran mahal.

Baca juga: Cara Hemat Makan di Restoran.

3. Keinginan vs kebutuhan

Kamu harus bisa membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan. Utamakan untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu. Jika tidak begitu diperlukan, lebih baik jangan dibeli. Penuhi dulu kebutuhan kuliah agar tetap lancar hingga akhir semester.

4. Kerja part time

Jika uang jatah kuliah dari orangtua masih belum cukup, kamu bisa bekerja part time. Dengan bekerja, kamu akan mendapatkan uang tambahan yang bisa digunakan untuk kebutuhan kamu selama berkuliah.

5. Pilih pergaulan

Cari sahabat yang juga bisa hidup sederhana, jangan mencari sahabat yang biasa berpesta. Karena biasanya kebisaan sahabat juga bisa berpengaruh pada kebiasaan kamu juga. Untuk itu, pilihlah teman yang sederhana agar dana kuliah kamu tetap aman.

Sebagai seorang mahasiswa, kamu harus bisa mengatur pengeluaran kamu sendiri. Cobalah untuk belajar hidup mandiri agar tidak merepotkan orangtua.

(YG)

Comment di sini