Ciri Kampas Kopling Harus Diganti

by
November 18th, 2013 at 3:11 pm

CiriCara.com – Perangkat kopling dipakai pada mesin sepeda motor yang bertransmisi manual. Fungsi kopling itu adalah untuk memutus dan menghubungkan antara mesin dengan transmisi saat melakukan perpindahan gigi.

kampas kopling motor

Kampas kopling – Ist

Kopling sendiri mempunyai beberapa bagian, namun yang biasanya perlu diganti adalah kampas kopling. Karena terus dipakai, kampas kopling pun akan aus dan menipis seiring dengan pemakaian.

Baca juga: Cara Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet.

Jika kampas kopling sudah tipis, maka performa sepeda motor Anda akan berkurang. Kapan kampas kopling itu harus diganti? Berikut ada beberapa ciri kampas kopling sudah mulai menipis atau aus:

1. Akselerasi berkurang

Mesin motor mengeluarkan suara keras saat perpindahan gigi namun tarikan motor tidak terasa? Itu artinya ada masalah di bagian kopling. Hal ini biasanya disebabkan karena kampas kopling yang sudah tipis.

2. Setelan tuas kopling

Ketebalan kampas kopling juga bisa diukur dari setelan tuas kopling (kopling manual). Jika tuas kopling sudah terlalu dalam, itu artinya kampas kopling sudah mulai menipis. Anda sebaiknya segera mengganti kampas kompling sebelum merusak mesin.

3. Selip saat ganti gigi

Pergantian gigi sepeda motor Anda tidak lancar atau bahkan selip? Itu tanda kalau kopling motor Anda bermasalah. Selip atau tersangkut saat ganti gigi merupakan indikasi bahwa kampas kopling pada motor sudah mulai menipis.

4. Tarikan motor melemah

Kecepatan sepeda motor malah berkurang saat berpindah gigi? Itu tanda kalau kopling motor bermasalah. Kopling yang tidak bisa bekerja dengan maksimal akan membuat sepeda motor kehilangan tarikan saat pergantian gigi.

Untuk lebih jelasnya, ada baiknya bawa sepeda motor Anda ke bengkel yang sudah terpercaya. Kondisi kopling yang kurang baik bisa mengganggu Anda saat dalam perjalanan. Selalu perhatikan kondisi sepeda motor Anda demi keselamatan berlalu lintas.

(YG)

Comment di sini