Gunung Merapi Meletus, Warga Sempat Panik

by
November 18th, 2013 at 10:09 am

Klaten (CiriCara.com) – Gunung Merapi kembali bergejolak pada, Senin (18/11/2013) pagi tadi. Warga Klaten, khususnya yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III sempat panik dan langsung mengungsi di pos kesiapsiagaan.

gunung merapi  meletus

Gunung Merapi – Ist

“Tadi sekitar jam 05.00 WIB sempat ada hembusan dari bawah mungkin karena disertai reruntuhan material dari atas sehingga terjadi hujan abu,” kata Kepala BPBD Kabupaten Klaten, Sri Winoto, seperti dikutip dari Merdeka.com, Senin (18/11/2013).

Sri Winoto juga mengatakan bahwa hujan abu dari Gunung Merapi itu mengarah ke Boyolali. Menurut penuturan salah satu warga, hujan abu juga sampai ke Solo. Sejumlah kendaraan yang ada di jalan terlihat tertutupi oleh abu.

“Hujan abu dari jam 6,” kata salah satu warga bernama Vera. Baca juga: Hujan Abu dan Pasir Gunung Merapi.

Hingga berita ini diturunkan, hujan abu di Solo sudah mulai reda. Namun, beberapa kendaraan yang terparkir di luar rumah terlihat diselimuti abu dari letusan Gunung Merapi tersebut. “Sekarang hujan abunya agak reda,” imbuh Vera.

Suara letupan Gunung Merapi juga sampai terdengar ke Desa Jrakah, Selo, Boyolali. Sejumlah warga juga sempat merasakan adanya getaran seperti gempa dari puncak Gunung Merapi.

Meskipun demikian, Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Klaten Joko Rukminto mengatakan bahwa kondisi Merapi sudah kembali normal. Menurutnya, sejumlah warga di lereng Gunung Merapi juga sudah mulai kembali beraktivitas seperti biasa.

“Kami mengimbau warga agar tetap tenang meski tetap waspada,” kata Joko.

(YG)

Comment di sini