Penyebab Anda Susah Berhenti Merokok

by
November 18th, 2013 at 11:13 am

CiriCara.com – Kebanyakan orang tentu sudah tahu bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Tapi, mereka tetap saja menghisap rokok dengan alasan susah untuk berhenti merokok. Kenapa hal itu bisa terjadi?

berhenti merokok

Berhenti merokok – Ist

Menurut American Cancer Society, hanya 40 persen perokok yang bersungguh-sungguh untuk berhenti merokok. Sementara 70 persen lainnya memilih untuk menyerah saat berusaha agar tidak merokok.

Sebenarnya ada beberapa penyebab Anda susah untuk berhenti merokok. Beberapa penyebab itu muncul dari kandungan yang ada pada rokok itu sendiri.

1. Kecanduan nikotin

Nikotin pada rokok akan menimbulkan semacam ketergantungan pada fisik seseorang. Nikotin bekerja dengan mengganggu komunikasi antar sel saraf. Hal ini membuat perokok akan merasa santai dan tenang saat menghisap rokok. Akibatnya mereka akan kecanduan rokok.

2. Perubahan psikologis

Perokok akan mengalami perubahan secara psikologis akibat nikotin. Mereka akan terus merokok untuk mendapatkan perasaan yang menyenangkan dari nikotin. Hal ini yang membuat perokok sulit untuk berhenti merokok.

3. Reaksi negatif pada tubuh

Setiap kali berhenti merokok tubuh akan memberikan reaksi negatif, seperti keringat dingin, tak sabaran, rasa cemas, depresi, sakit kepala, susah tidur, susah konsentrasi, dan jantung berdebar. Untuk menghilangkan semua perasaan tersebut, mereka pun akhirnya akan kembali merokok.

4. Takut berat badan bertambah

Seperti dilansir Everyday Healt, beberapa orang memilih untuk terus merokok karena takut berat badannya akan bertambah jika berhenti merokok. Itulah sebabnya mereka mengaku enggan untuk berhenti merokok.

Baca juga: Cara Diet Dengan Lemon.

Efek-efek seperti di atas sebenarnya hanya berlangsung sementara. Namun, beberapa orang mengaku tidak kuat dan akhirnya memilih untuk merokok lagi. Butuh kemauan dan tekad yang kuat agar bisa berhenti merokok sepenuhnya.

(YG)

Comment di sini