Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket

by
November 18th, 2013 at 4:56 pm

CiriCara.com – Menggoreng ikan memang terlihat mudah. Namun, terkadang ada juga ikan yang saat digoreng justru menempel atau lengket di wajan. Akibatnya, ikan akan hancur dan tidak menarik lagi saat disajikan. Harus bagaimana?

menggoreng ikan

Goreng ikan – Ist

Daging ikan memang mempunyai tekstur yang lembut. Tak heran, daging ikan akan mudah hancur ketika menempel di wajan saat digoreng. Itulah sebabnya Anda harus teliti agar ikan yang Anda beli itu tidak terbuang sia-sia.

Agar daging ikan tidak lengket saat digoreng, ikuti beberapa tips yang diberikan oleh Chef Brian, runner up “MasterChef Indonesia” berikut ini:

1. Goreng ikan saat minyak sudah panas

Panaskan dahulu wajan yang akan digunakan untuk menggoreng, kemudian tuangkan minyak goreng. Tunggu hingga minyak benar-benar panas, baru masukkan ikan. Minyak panas akan membuat tekstur daging ikan jadi cepat kering sehingga tidak lengket.

2. Bungkus dengan daun pisang

Daun pisang bisa melindungi ikan dari wajan karena bersifat antilengket. Dengan dibungkus daun pisang, ikan tidak akan lengket saat digoreng. Anda bisa melepas daun pisang saat ikan sudah mulai matang.

Baru saja: Cara Memasak Daging Agar Cepat Empuk.

3. Gunakan minyak yang banyak

Dalam menggoreng ikan sebaiknya gunakan minyak yang banyak hingga semua bagian ikan tenggelam. Dengan demikian, ikan akan mengambang dan tidak akan menempel di wajan. Penggunaan minyak dalam jumlah yang banyak juga bisa membantu meratakan proses pematangan.

4. Balik satu kali saja

Saat menggoreng usahakan membalik ikan hanya satu kali. Jika terlalu sering, daging ikan bisa hancur atau patah. Saat ikan digoreng, tunggu bagian bawah ikan agak mengering barulah ikan dibalik.

Itulah beberapa tips agar daging ikan tidak lengket saat digoreng. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini