5 Tipe Unik Pengguna Media Sosial

by
November 19th, 2013 at 4:49 pm

CiriCara.com – Media sosial sudah seperti ‘makanan pokok’ bagi pengguna internet sekarang terutama kaum muda di Tanah Air. Situs media sosial seperti Twitter dan Facebook terus dibanjiri oleh update status dengan berbagai tujuan.

Tipe pengguna media sosial di Indonesia

Tipe pengguna media sosial di Indonesia / Ist.

Sementara aplikasi yang bisa digunakan di smartphone seperti Path, Instagram, dan lainnya juga tak kalah dari serbuan para penggila media sosial. Saking banyak dan menjamurnya, bisa disimpulkan bahwa pengguna media sosial bisa dibagi ke dalam beberapa kategori. Penasaran?

1. Si berisik

Si berisik ini adalah pengguna media sosial yang sering meng-update statusnya lewat smartphone. Dan parahnya perangkat yang ia pakai tidak di-silent mode sehingga setiap notifikasi yang ia terima selalu berbunyi.

Bisa dibayangkan jika ia eksis di berbagai media sosial dan selalu menerima notifikasi. Tentu saja orang di sekitarnya akan sangat terganggu.

2. Si ahli media sosial

Pengguna dengan tipe ini sudah bisa dipastikan memiliki akun media sosial terbaru dan bisa menguasai operasi satu media sosial saja dalam waktu singkat.

3. Si ‘pencerah’

Pengguna media sosial dengan tipe ini akan sangat mudah ditemui di Facebook dan Twitter. Biasanya mereka akan meng-update status berbahasa tingkat tinggi, penuh dengan kata-kata kutipan dari tokoh ternama, dan senang membuat opini tentang orang lain atau berita terbaru.

Ia juga akan sangat update terhadap isu yang sedang terjadi di bidang yang ia senangi. Tak heran jika pengguna dengan tipe ini memiliki banyak sekali follower di Twitter dan teman di Facebook.

4. Si pencitra diri

Hampir sama dengan si pencerah, pengguna media sosial dengan tipe ini akan mengunggah foto serta mengupdate status dengan tujuan agar orang memberinya label tertentu.

Misal agar para pengguna sosial lainnya mencap ia sebagai orang yang fashionable maka ia akan mengunggah foto dan status mengenai produk-produk bermerek, cara berdandan yang benar, dan hal sejenisnya yang lain.

5. Si lebay

Pengguna media sosial yang satu ini memiliki sifat yang bisa ditebak: suka meng-update status yang kurang penting dan menganggu para follower atau temannya.

Misal saja saat ia lapar, ia akan meng-update status yang disertai emotikon  ”Lapar :’(“. Setelah beberapa detik lagi mungkin ia akan mengupdate status lain yang tentunya akan sangat menganggu, “Udah nggak lapar lagi… makacih honey :’)” dan begitu seterusnya sampai baterai smartphone nya habis.

Itulah sebagian kelompok pengguna media sosial yang bisa ditemui akhir-akhir ini. Anda termasuk yang mana?

Media sosial memang digunakan untuk digunakan untuk bersosialisasi via internet, namun berusahalah untuk bijak dalam memakainya.

Baca juga: 6 Tipe Pengguna Internet

(RN)

Comment di sini