Disadap Australia, SBY: Kita Sudah Protes Keras

by
November 19th, 2013 at 11:54 am

Jakarta (CiriCara.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara terkait penyadapan yang dilakukan pemerintah Australia terhadap sejumlah pejabat Indonesia. Penyadapan yang dilakukan pada tahun 2009 itu membuat SBY kecewa.

presiden sby marah

Presiden SBY – Tempo

Melalui akun Twitter resminya @SBYudhoyono, SBY mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melayangkan protes keras terhadap Australia. SBY juga mendesak pihak Australia untuk menjelaskan penyadapan tersebut.

“Sejak ada informasi penyadapan AS & Australia terhadap banyak negara, termasuk Indonesia, kita sudah protes keras,” tulis SBY melalui akun Twitternya, Senin (18/11/2013) malam WIB.

Baca juga: Daftar 10 Pejabat dan Ponselnya yang Disadap Australia.

Menurut SBY, pemerintah Indonesia akan melakukan langkah tegas jika Australia tidak merespon protes tersebut. Saat ini Duta Besar RI untuk Australia sudah ditarik untuk kembali ke Jakarta. Sejumlah kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Australia terancam batal.

“Kita juga akan meninjau kembali sejumlah agenda kerjasama bilateral, akibat perlakuan Australia yang menyakitkan itu,” tulis SBY di Twitter.

SBY juga menyayangkan sikap Perdana Menteri Australia yang menganggap remeh kasus penyadapan Australia terhadap Indonesia. SBY menuntut pemerintah Australia untuk segera memberikan penjelasan secara resmi.

Kabar penyadapan yang dilakukan Australia terhadap Indonesia itu diungkapkan oleh mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden. Berita penyadapan itu pun langsung ramai diberitakan sejumlah media di Australia.

(YG)

Comment di sini