Tips Memilih dan Menyimpan Buah Anggur

by
November 19th, 2013 at 3:07 pm

CiriCara.com – Anggur adalah salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis. Anggur sangat cocok untuk dijadikan hidangan pencuci mulut. Selain dimakan secara langsung, anggur juga bisa diolah menjadi berbagai dessert yang lezat.

anggur manis

Buah anggur – Ist

Tidak semua buah anggur yang dijual di pasaran itu masih segar. Terkadang, ada beberapa buah anggur yang sudah layu dan bahkan busuk. Untuk itu, Anda harus teliti saat memilih anggur yang akan dibeli.

Baca juga: Cara Ketahui Daya Tahan Makanan di Kulkas.

Selain memilih anggur yang segar, Anda juga harus memperhatikan cara menyimpan anggur agar tidak mudah layu atau busuk. Untuk itu perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Memilih buah anggur

Pilih anggur yang tidak ada cacat pada bagian kulit dan masih melekat sempurna pada batangnya. Anggur dengan daging yang gemuk, biasanya lebih manis. Anggur yang akan dibeli harus memiliki warna yang sama dalam satu batangnya.

Hindari membeli anggur yang memiliki permukaan kulit kusut. Pilih anggur yang benar-benar sudah matang dan terlihat masih segar. Sebaiknya cicipi dahulu sebelum membeli buah anggur.

2. Menyimpan buah anggur

Simpan buah anggur yang masih melekat pada batangnya ke dalam kulkas, tanpa dicuci. Sebelum di masukkan ke dalam kulkas, anggur sebaiknya dimasukkan ke dalam kantong pastik. Jika tidak disimpan di dalam kulkas, kulit anggur akan cepat mengkerut.

jus anggur enak

Jus anggur – Ist

Baca juga: Cara Agar Sayuran di Kulkas Tetap Segar.

Anggur yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan selama 1 minggu. Namun, waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi buah anggur adalah tiga hari setelah pembelian. Jadi lebih baik jangan terlalu lama menyimpan anggur agar rasanya tidak berubah.

3. Mengonsumsi buah anggur

Sebelum memakan buah anggur, Anda sebaiknya mencucinya terlebih dahulu. Hal ini karena kebanyakan petani anggur menggunakan insektisida untuk mencegah hama. Cuci bersih dengan air mengalir atau sabun khusus pencuci buah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba saat akan membeli buah anggur. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

(YG)

Comment di sini