Ciri-ciri Anda Hanya Dimanfaatkan Rekan Kerja

by
November 20th, 2013 at 2:06 pm

CiriCara.com – Dalam bekerja kamu tentu mempunyai rekan kerja untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Namun, tidak semua rekan kerja itu bisa bersikap baik dan profesional. Apakah Anda punya rekan kerja yang menyebalkan?

rekan kerja dimanfaatkan

Rekan kerja – Ist

Sesuai tugasnya, rekan kerja seharusnya bisa bekerjasama dengan Anda. Namun, ada beberapa rekan kerja yang justru hanya memanfaatkan Anda. Setiap kali ada tugas baru, pasti Anda yang diminta untuk mengerjakannya.

Apakah Anda pernah mengalami hal seperti di atas? Berikut adalah ciri-ciri Anda hanya dimanfaatkan oleh rekan kerja:

1. Sering dimintai bantuan

Anda sering dimintai bantuan oleh rekan kerja Anda untuk menyelesaikan pekerjaannya?Itu adalah ciri kalau rekan kerja hanya memanfaatkan kebaikan Anda. Dia minta penjelasan soal cara menyelesaikan tugas itu masih wajar. Tapi jika dia meminta kamu untuk menyelesaikan tugas yang menjadi kewajibannya, itu keterlaluan.

2. Melempar tugas

Rekan kerja sering melempar tugas yang tidak bisa dia kerjakan kepada Anda? Itu artinya Anda sedang dimanfaatkan. Ingat! Setiap pekerja tetap punya tanggungjawab masing-masing. Jangan terima tugas dari rekan kerja jika tugas Anda sendiri belum selesai.

3. Memberi tugas yang tidak sesuai

Waspadalah jika Anda diberikan tugas yang tidak sesuai dengan daftar tugas yang harus Anda kerjakan. Jika tidak ada konfirmasi dari atasan, Anda berhak untuk menolak pekerjaan tersebut. Karena bisa jadi Anda sedang dimanfaatkan.

Ist

Ist

4. Suka mengatur

Jika rekan kerja suka mengatur dan memerintah untuk melakukan berbagai tugas, itu ciri kalau dia sedang memanfaatkan Anda. Orang yang berhak untuk mengatur dan memberikan tugas hanyalah bos/atasan di kantor, bukan dari sesama pekerja.

5. Dijadikan kambing hitam

Anda selalu dijadikan kambing hitam setiap kali terjadi kesalahan? Itu tanda kalau rekan kerja hanya memanfaatkan Anda. Tidak mau disalahkan oleh atasan, dia pun menuduh Anda yang telah melakukan kesalahan. Anda wajib membela diri agar tidak terus ditindas rekan kerja.

Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja itu perlu. Tapi jika rekan kerja tidak bisa bersikap baik, Anda berhak untuk melakukan perlawanan.

(YG)

Comment di sini