Cara Agar Kue Kering Jadi Renyah

by
November 21st, 2013 at 4:01 pm

CiriCara.com – Pernah membuat kue kering tapi tidak renyah? Mungkin ada yang salah dengan bahan yang Anda gunakan. Karena menurut pakar kuliner, bahan pembuat kue kering sangat berpengaruh pada kerenyahan kue itu sendiri.

kue kering enak gurih

Kue kering – Ist

Jika bahan yang digunakan tidak berkualitas bagus, maka kue kering pun tidak akan bisa renyah. Untuk itu, pilih lah bahan yang benar-benar berkualitas bagus jika Anda ingin membuat kue kering. Tidak tahu cara memilih bahan yang bagus?

Jika Anda tidak tahu cara memilih bahan yang berkualitas bagus, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat kue kering agar lebih renyah:

1. Buat baking powder sendiri

Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue. Jika baking powder tidak bagus, maka kue yang dihasilkan akan bantat dan keras. Anda bisa membuat baking powder sendiri dari campuran krim tartar dan baking soda, dengan perbandingan 2:1.

2. Pakai mentega dingin

Untuk menghasilkan kue kering yang renyah, sebaiknya Anda gunakan mentega dingin dari kulkas (bukan beku). Mentega dingin akan membuat tekstur kue jadi lebih renyah dan garing. Sangat cocok untuk membuat kue kering agar lebih renyah.

kue kering

Kue nastar cengkeh – Ist

3. Adonan diuleni secara perlahan

Saat menguleni adonan kue kering, jangan terlalu keras agar adonan tidak panas. Adonan yang diuleni terlalu keras akan terkena panas dari gesekan wadah dan tangan, sehingga akan menghasilkan kue yang kering dan alot. Uleni secara perlahan hingga adonan kalis.

4. Pakai susu cair dingin

Jika menggunakan susu cair, gunakan saat sudah dingin atau suhu ruangan. Hal ini bertujuan agar adonan kue kering tidak panas. Seduh susu dan biarkan beberapa saat sampai dingin, baru boleh digunakan untuk campuran adonan kue kering.

Pastikan takaran bahan yang Anda gunakan untuk membuat kue kering sudah pas sesuai dengan resep. Karena takaran bahan juga akan mempengaruhi hasil dari kue kering yang Anda buat.

(YG)

Comment di sini