Cara Mengatasi Masalah Terlilit Utang

by
November 21st, 2013 at 1:56 pm

CiriCara.com – Utang menjadi salah satu solusi yang sering diambil banyak orang jika sedang mengalami masalah ekonomi. Namun, utang juga bisa menimbulkan masalah ekonomi yang lebih parah jika tidak segera dilunasi. Anda akan terlilit utang!

uang rupiah

Rupiah – Ist

Jika sudah terlilit utang, tentu pikiran tidak akan tenang. Terlebih lagi jika si pemberi utang menyuruh debt collector untuk menagih utang kepada Anda. Dijamin! Hidup Anda dan keluarga tidak akan tenang.

Lari dari kejaran debt collector bukanlah solusi untuk mengatasi masalah saat terlilit utang. Melarikan diri hanya akan membuat Anda jadi buronan dan bahkan bisa dilaporkan ke pihak polisi. Lalu harus bagaimana?

1. Minta keringanan

Cobalah untuk berdiskusi dengan pihak pemberi utang atau bank. Minta keringanan kepada pemberi utang agar Anda diberi waktu lebih lama untuk melunasi utang tersebut. Anda juga bisa menawarkan solusi pembayaran utang secara kredit agar lebih ringan.

2. Gali lubang tutup lubang

Cari sumber dana dari pihak lain untuk melunasi utang Anda. Pilih dana yang angsurannya lebih murah dan dirasa Anda sanggup untuk membayarnya nanti. Metode ini harus dilakukan dengan bijak agar utang Anda tidak semakin menumpuk.

bebas utang

Terbebas dari utang – Ist

3. Menjual harta benda

Jika dua cara di atas dirasa tidak tepat, Anda sebaiknya melunasi utang dengan cara menjual harta benda. Anda bisa menjual rumah atau motor yang sudah tidak dipakai. Anda juga bisa menggadaikan sejumlah harta untuk melunasi utang tersebut.

4. Minta bantuan keluarga

Keluarga adalah tempat yang tepat untuk dimintai pertolongan. Cobalah untuk meminjam uang dari saudara Anda untuk melunasi utang tersebut. Pinjaman dari keluarga tentu tidak memiliki bunga, jadi Anda bisa sedikit merasa lega.

Sebelum memutuskan untuk berhutang, ada baiknya Anda pikirkan dahulu resiko yang akan didapat. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena terlilit utang. Pilihlah pinjaman atau utang yang kiranya tidak akan memberatkan keuangan Anda.

(YG)

Comment di sini