Cara Menghilangkan Jerawat di Kulit Kepala

by
November 21st, 2013 at 12:02 pm

CiriCara.com – Masalah pada kulit kepala ternyata bukan hanya ketombe, tapi juga jerawat. Meski tidak mengganggu penampilan, jerawat di kepala ini cukup meresahkan. Kepala akan terasa sakit saat rambut disisir, sekalipun secara perlahan.

jerawat di kulit kepala pria

Jerawat di kulit kepala – Ist

Jerawat di kepala ini lebih banyak diderita pria ketimbang perempuan. “Karena pria biasa menggunakan minyak rambut atau sering disebut pamode,” kata dokter spesialis kulit, Dr Ratna Komala Dewi SpKK Mkes.

Jerawat di kulit kepala umumnya disebabkan karena rambut yang kotor dan berminyak. Biasanya jerawat akan muncul pada orang yang jarang keramas setelah menggunakan minyak rambut. Mau tahu cara menghilangkan jerawat di kepala?

1. Bersihkan kulit kepala

Dr Ratna menyarankan untuk selalu menjaga kebersihan kulit kepala, khususnya setelah berpergian. Bersihkan seluruh bagian kepala dengan berkeramas usai pulang kerja. Kulit kepala yang bersih akan terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

2. Kurangi pemakaian minyak rambut

Jika kulit kepala sudah mulai jerawatan, sebaiknya kurangi pemakaian minyak rambut. Bahan kimia yang ada pada minyak bisa memicu produksi kelenjar minyak yang berlebih. Hal ini bisa membuat jerawat semakin banyak.

3. Memilih sampo yang tepat

Tidak semua sampo cocok untuk kulit Anda. Kenali dahulu jenis kulit kepala Anda, apakah berminyak atau tidak. Sebaiknya gunakan sampo yang mengandung asam salisilat dengan khasiat mengangkat sel-sel kulit mati.

4. Hindari makanan berminyak

Selain menjaga kebersihan dari luar, Anda juga perlu menjaga asupan makanan dari dalam. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak agar kandungan minyak di kulit kepala tidak semakin banyak.

5. Konsultasi ke dokter

Jika kondisi jerawat di kulit kepala semakin parah, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter ahli kulit. Menurut Dr Ratna, ada dua obat yang akan diberikan oleh dokter, yakni obat oles dan obat untuk diminum. “Selama ini pengobatan ini selalu berhasil,” katanya.

Baca juga: Cara Alami Membasmi Kutu Rambut.

Proses penyembuhan jerawat itu tidak berlangsung secara instan. Anda harus bersabar dan terus jaga kebersihan kulit kepala sampai jerawat benar-benar hilang.

(YG)