Cara Mudah Melindungi Data Pribadi di Internet

by
November 21st, 2013 at 11:20 am

CiriCara.com – Data pribadi yang seharusnya hanya diketahui oleh kita kadang justru bocor di dunia maya tanpa kita duga. Hal ini bisa terjadi karena mungkin kita kurang memberi perlindungan terhadap data pribadi yang ada di gadget dan akun di internet.

cara melindungi data pribadi di internet

cara melindungi data pribadi di internet / Telegraph

Untuk menghindari bocornya informasi berupa data pribadi di dunia maya, Anda bisa melakukan cara-cara yang dilansir dari Tempo.co berikut sehingga data Anda tetap aman:

1. Pakai mode incognito

Incognito mode atau private browsing sebaiknya Anda gunakan saat mengakses akun bank atau membayar tagihan online. Di beberapa browser seperti Google Chrome dan juga Safari sudah dilengkapi dengan fitur ini.

2. Pakai password

Pakailah password di setiap gadget yang Anda miliki. Jika saja, gadget Anda hilang, orang lain yang berusaha membuka perangkat Anda harus melewati satu tahap perlindungan yang hanya diketahui oleh Anda sendiri.

3. Google Alerts

Google Alerts adalah salah satu fitur yang ditawarkan kepada pengguna Google sehingga mereka bisa mengetahui topik tertentu yang sedang diperbincangkan di internet dan dikirim langsung ke e-mail mereka

Masukkan nama Anda di Google Alerts sehingga Anda tahu apa yang sedang dibicarakan orang mengenai diri Anda di internet.

4. Jangan lupa sign out

Jika Anda memakai banyak sekali media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Tumblr, dan sebagainya, biasakanlah untuk sign out. Hal yang sama juga harus Anda lakukan jika Anda membuka e-mail.

5. Buat password yang kompleks

Jangan biasakan menggunakan password yang sama antar satu akun dengan akun lain yang Anda miliki di internet. Biasakan untuk mengkombinasi anka dan huruf dalam password. Jangan lupa bersihkan history jika ada orang lain yang ingin memakai perangkat Anda. (RN)

Comment di sini