Indonesia Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia

by
November 21st, 2013 at 4:51 pm

Zurich (CiriCara.com) – Badan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Hal itu disampaikan dalam sebuah artikel yang berjudul “Brazilian masterminds Indonesia rise”.

pendukung indonesia

Suporter Indonesia – Tribunnews.com

Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia-Belanda mengikuti Piala Dunia tahun 1938 yang berlangsung di Perancis. Namun sayang, Indonesia akhirnya kalah oleh Hungaria dengan skor yang cukup telak, 0-6.

“Tim Asia pertama yang telah berpartisipasi di Piala Dunia di Perancis tahun 1938, Indonesia sekarang tengah berjuang untuk lolos dari kualifikasi Piala Asia 2015,” demikian kutipan dari artikel yang ada di situs resmi FIFA, Kamis (21/11/2013).

Sesuai dengan judulnya, artikel tersebut memang dibuat untuk menyoroti pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago. Pelatih asal Brasil itu dinilai telah berhasil meningkatkan performa permainan Timnas Indonesia.

“Tim di bawah pelatih baru Jacksen F Tiago memang menunjukkan beberapa perbaikan,” tulis FIFA.

Terbukti, Timnas Indonesia mampu menahan imbang 1-1 saat bertanding melawan China di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Menurut FIFA, hasil tersebut sangat mengejutkan mengingat China merupakan salah satu tim besar di Asia.

“Mereka menghasilkan salah satu kejutan terbesar di babak kualifikasi ketiga bulan lalu, imbang 1-1 lawan China,” demikian kutipan dari artikel tersebut.

Namun demikian, Timnas Indonesia saat ini telah tersingkir dari kualifikasi Piala Asia 2015. Indonesia akhirnya gagal lolos ke putaran final karena kalah dari Irak dan juga China di leg kedua babak kualifikasi.

Pujian FIFA terhadap Jacksen F Tiago itu tidak lepas dari akan diadakannya sebuah kompetisi Piala Dunia 2014 di Brasil. Saat ini sudah ada 32 negara yang akan berlaga di kompetisi dunia tersebut.

(YG)

Comment di sini