Cara Memilih Pinjaman di Bank Sesuai Kebutuhan

by
November 22nd, 2013 at 4:59 pm

CiriCara.com – Ingin membuka usaha atau membeli rumah baru, tapi uang tabungan masih belum cukup? Ajukan saja pinjaman uang ke bank. Dengan demikian keinginan Anda untuk membuka usaha atau membeli rumah bisa segera terwujud.

meminjam uang

Uang – Ist

Sebelum mengajukan pinjaman ke bank, Anda tentu harus mengetahui dahulu cara meminjam uang di bank. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, maka pinjaman uang yang Anda ajukan bisa segera dicairkan oleh pihak bank.

Meskipun demikian, Anda tetap harus jeli dalam memilih jenis pinjaman agar tidak terjerat utang nantinya. Perhatikan beberapa penjelasan berikut ini:

1. Jangan melebihi kebutuhan

Jangan meminjam uang terlalu banyak atau melebihi kebutuhan. Meminjam uang dalam jumlah yang besar hanya akan menambah beban pembayaran selama masa pinjaman. Karena itu, pinjamlah uang sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Cicilan lebih rendah dari penghasilan

Pilih pinjaman yang cicilannya lebih kecil dari penghasilan Anda. Usahakan cicilan pinjaman tidak melebihi ⅓ penghasilan Anda. Hal ini untuk mencegah cicilan utang jadi menumpuk karena Anda tidak bisa melunasinya.

3. Pilih bunga yang rendah

Setiap bank tentu memberikan bunga pada setiap pengajuan pinjaman utang. Karena itu, pilihlah bank yang bunga pinjamannya masih rendah. Dengan demikian jumlah bunga yang dibayarkan tidak terlalu besar.

4. Angsuran jangka pendek

Semakin lama jangka waktu angsuran, maka bunga yang dibayarkan akan semakin besar. Itulah sebabnya, Anda sebaiknya memilih jangka waktu angsuran yang lebih pendek. Tapi, Anda harus tetap mempertimbangkan dengan jumlah penghasilan.

Sebelum meminjam uang di bank, ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Apakah Anda sanggup untuk membayar cicilan setiap bulannya atau tidak. Jika dirasa tidak sanggup, lebih baik urungkan niat Anda.

(YG)

Comment di sini