Cara Ampuh Menghapalkan Nomor Telepon

by
November 23rd, 2013 at 7:28 am

otak manusia

Ciricara.com, Banyak orang tidak jadi menelepon hanya karena masalah sepele : lupa nomor teleponnya meskipun sebelumnya sudah diupayakan untuk diingat. Celakanya bila itu terjadi ketika sudah berada di depan pesawat telepon umum di pinggur sementara si penelepon ingin memberitakan/menanyakan masalah penting.

Salah satu cara untuk mengatasinya ialah dengan meningkatkan kemampuan menghapal nomor telepon meskipun pencatatan masih perlu dilakukan untuk menjaga kemungkinan sampai lupa.

Biasanya orang menghapal nomor telepon berdasarkan urutan angka : pertama sampai terakhir. Untuk mereka berdaya ingat tajam rasanya itu tidak menjadi masalah. Tetapi bila sebaliknya mungkin hapalnya ketika akan memutar tombol telepon. Untuk selanjutnya lupa lagi.

Sejumlah kiat menghapal telepon berikut ini kiranya bisa mengatasi problem tersebut :

1) Nomor telepon harus dipandang sebagai kesatuan. Angka pertama dan angka berikutnya harus dianggap mempunyai keterikatan.

2) Ketika pertama kali nomor telepon hendaknya pikiran tertuju pada semua angka padanya. Soalnya banyak orang bersikap ceroboh : menghapalnya sambil lalu. Terlebih bila tidak ditunggangi oleh keinginan untuk tahu.

3) Hindarilah memandang nomor telepon sebagai kode jelimet. Anggap saja sebagai slogan indah meskipun urutannya tidak beraturan. Ini akan membuat sikap tercurah penuh padanya sehingga gilirannya semakin mempermudah perekamannya ke otak kita sesuai dengan hukum “psikologi”. Ini analog dengan pria di mana ia mampu menghapal berbagai sisi tubuh pacarnya bukan dengan menghapalnya satu per satu. Melainkan kemampuan memusatkan pikiran sehingga dalam waktu sebenar saja bisa terekam oleh otaknya.

Taroklah pria itu mempunyai enam orang pacar. Saya yakin ia dalam waktu cepat akan mudah menghapal nomor teleponnya masing- masing. Mengapa ? Kerana adanya pemusatan pikiran secara optimal.

4) Tempelkanlah daftar telepon penting di dinding. Usahakan : * pasang ukuryangan  memungkinkan bisa dilihat ketika berdiri di depan telepon. * spasi antar setiap nomor telepon cukup renggang agar ketika menghapal setiap nomor telepon tidak terganggu oleh nomor telepon di dekatnya. * ditulis dengan warna tajam. * jumlah nomor teleponnya per halaman tidak membuat anda susah untuk mencari nomor telepon tertentu.

Yakinlah! Dengan cara itu akan membuat daftar telepon di dinding itu terekam di otak anda.

Demikianlan cara-cara untuk menghapal nomor telpon…nah kalau menghapal nama atau pinBB itu akan saya bahas di lain waktu ya :).

(rsmt)

Comment di sini