Cara Agar Tidak Di-Bully di Media Sosial

by
November 25th, 2013 at 12:55 pm

CiriCara.com - Sering kita jumpai fenomena cyber bullying atau bully lewat dunia maya karena alasan tertentu. Biasanya yang mengalami bully atau olok-olok seperti ini adalah mereka yang  memiliki popularitas tinggi seperti para selebritis, politisi, dan orang terkenal lainnya.

Cara Mudah Agar Tidak Di-Bully di Media Sosial

Cara Mudah Agar Tidak Di-Bully di Media Sosial / Ist.

Namun tak jarang, orang biasa yang memiliki akun di media sosial juga menjadi korban bully karena mereka melakukan sebuah kesalahan yang ‘fatal’.

Agar Anda tak turut menjadi korban bully di dunia maya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan seperti dikutip dari Tempo.co, sebagai berikut:

1. Jaga privasi

Jangan suka mengumbar sesuatu yang bersifat privasi di media sosial. Hal ini sering dilanggar oleh para pengguna sosial.  Kebanyakan dari mereka akan menginformasikan secara detail kehidupan pribadi mereka ke dunia maya sehingga menjadi konsumsi publik.

2. Abaikan pesan dari orang tak dikenal

Jangan samakan dunia maya dengan dunia nyata. Jadi saat Anda mendapat e-mail maupun pesan dari orang tak dikenal yang isinya sangat negatif, lebih baik jangan Anda hiraukan.

Bisa jadi pesan tersebut berasal dari orang yang tidak suka dengan Anda dan berusaha menjatuhkan Anda secara psikologis lewat pesan di dunia maya.

3. Perhatikan konten yang Anda unggah

Kesalahan besar pengguna media sosial adalah mereka tidak berpikir panjang tentang dampak dari segala sesuatu yang mereka unggah.

Misalnya, saat mereka marah atau kecewa terhadap orang lain, pengguna media sosial kebanyakan akan langsung melampiaskan kekesalannya lewat update status dan mention kepada target kemarahan dengan bahasa yang kurang enak.

Padahal perlakuan yang diberikan tersebut sudah termasuk ke konteks cyber bullying. Karena itu, jangan pernah mengumbar emosi Anda ke media sosial. Media sosial adalah tempat untuk berinteraksi bukan mengumpat.

4. Jangan bully orang lain

Ini adalah kunci utama agar Anda tidak dibully oleh pengguna media sosial. Jangan pernah membully atau menyudutkan pengguna lain di media sosial karena kemungkinan besar jika Anda lengah, maka Anda akan menjadi sasaran balik.

Dengan memperhatikan keempat aturan di atas, maka Anda akan terbebas dari cyber bullying. Jangan lupa, ingatlah selalu untuk menghargai orang lain meski hanya berada di dunia maya. (RN)

Comment di sini