Cara Bersikap Saat Serumah dengan Mertua

by
November 25th, 2013 at 9:28 am

CiriCara.com - Setelah menikah, Anda mungkin ingin memiliki rumah sendiri dan memulai hidup berdua dengan suami atau istri Anda.

Cara Bersikap Saat Tinggal Serumah dengan Mertua

Cara Bersikap Saat Tinggal Serumah dengan Mertua / Ist.

Namun masalahnya, tak semua rencana tersebut berjalan mulus karena untuk memiliki rumah sendiri, Anda harus mempertimbangkan banyak hal terutama keuangan.

Satu-satunya jalan yang mungkin harus Anda ambil adalah tinggal bersama mertua. Tetapi cara ini rentan dengan masalah karena ada banyak kasus percekcokan yang terjadi di dalam rumah tangga akibat tempat tinggal yang berbarengan dengan mertua.

Jika Anda dan pasangan berencana untuk tinggal dengan mertua, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang dikutip dari Wolipop.com berikut agar rumah tangga Anda tidak mengalami cekcok karena masalah tempat tinggal:

1. Diskusi dengan Mertua

Di awal keputusan, Anda sudah harus membicarakan batasan yang perlu dilakukan saat tinggal dengan mertua terutama kewajiban yang harus Anda pegang saat tinggal bersama mereka misalnya membayar listrik, membeli keperluan rumah tangga, dan lainnya.

2. Privasi

Tentunya sebagai sepasang pengantin, Anda butuh privasi. Karena Anda berada di rumah mertua, tentukan area di dalam rumah yang menjadi privasi Anda seperti kamar tidur dan meminta mertua Anda menghargai pilihan Anda itu.

3. Jangan ikut campur urusan keluarga

Hal ini harus diperhatikan saat ada perdebatan di dalam rumah tangga mertua Anda. Jika Anda merasa tidak terseret dalam perdebatan tersebut, sebaiknya Anda menghindar dan tidak ikut campur.

4. Hindari pertengkaran

Kemungkinan besar, mertua Anda akan melanggar kesepakatan yang sudah disepakati atau turut campur dalam kehidupan rumah tangga Anda. Jika ini terjadi, maka sebisa mungkin hindari perdebatan. Lebih baik beritahukanlah kepada mertua secara baik-baik tanpa menimbulkan masalah yang baru.

Itulah keempat cara bersikap saat Anda dan pasangan terpaksa tinggal bersama dengan mertua. Memang saat tinggal bersama dalam satu rumah, akan ada banyak sekali masalah. Namun dengan kesabaran dan kepala yang dingin, tinggal dengan mertua di rumah akan terasa sangat menyenangkan. (RN)

Comment di sini