Cara Mencegah Darah Tinggi Usai Makan Daging

by
November 25th, 2013 at 11:41 am

CiriCara.com – Olahan daging kambing memang menjadi salah satu makanan yang banyak disukai orang. Selain mempunyai banyak gizi, makanan dari olahan daging kambing juga mempunyai rasa yang enak saat disantap. Anda termasuk penggemar makanan dari daging kambing?

darah tinggi hipertensi

Darah tinggi – Ist

Meskipun demikian, Anda tidak dianjurkan memakan daging kambing terlalu banyak karena bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Resiko akan semakin besar jika penikmat daging kambing itu juga mempunyai riwayat hipertensi (tekanan darah tinggi).

Bagi Anda penggemar makanan dari daging kambing tidak usah khawatir. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek daging kambing yang bisa menyebabkan darah tinggi. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Makan bayam

Bayam mengandung nutrisi yang baik bagi jantung seperti potasium, folat, dan magnesium. Ketiga nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, bayam juga diketahui rendah kalori dan kaya serat.

2. Kacang-kacangan

Selain bayam, kacang-kacangan juga mengandung magnesium dan potasium yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jenis kacang-kacangan seperti kedelai dan kuaci (tanpa garam) bisa menjadi camilan sehat usai makan besar.

3. Kentang

Kentang juga mengandung banyak magnesium dan potasium. Dua nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kelancaran aliran darah. Anda disarankan untuk menkonsumi kentang usai makan daging kambing agar tekanan darah tetap terkendali.

4. Pisang

Selain sayur-sayuran tersebut, pisang juga mempunyai kandungan potasium yang baik untuk meningkatkan fungsi ginjal, dengan membantunya mengeluarkan kelebihan natrium dari tubuh. Jika tidak suka pisang, Anda bisa menkonsumsi kismis, plum, dan semangka sebagai pengganti pisang.

Itulah beberapa sayuran dan buah-buahan yang bisa Anda makan usai menyantap daging kambing. Agar tidak terkena darah tinggi, sebaiknya hindari menkonsumi daging kambing secara belebihan. Perhatikan juga pola makan Anda setiap harinya.

(YG)

Comment di sini