Ciri-ciri Pengeluaran Anda Melebihi Gaji

by
November 25th, 2013 at 3:19 pm

CiriCara.com – Ada pepatah yang menyebutkan “besar pasak daripada tiang”, yang artinya lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan. Banyak orang yang sering mengalami hal ini hingga akhirnya mereka pun terpaksa mengajukan utang ke bank.

hidup boros

Hidup boros – remaxcityagent.com

Keuangan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhitungkan secara matang. Namun kenyataannya, masih ada saja orang yang selalu menghambur-hamburkan uangnya tanpa memikirkan resikonya.

Banyak di antara kita yang hingga saat ini masih menerapkan pola hidup, lebih besar pengeluaran daripada penghasilan. Apakah Anda juga termasuk salah satunya?

1. Keuangan tidak bisa bertahan sampai 6 bulan

Seberapa besar uang yang Anda tabung saat ini. Apakah uang tersebut bisa membuat Anda bertahan selama 6 bulan tanpa penghasilan? Jika tidak, artinya Anda masih hidup boros. Pakar keuangan menilai, 6 bulan adalah waktu yang tepat untuk mengukur keuangan Anda.

2. Berhutang untuk membayar utang

Anda selalu membayar tagihan kartu kredit dengan membuat kartu kredit yang baru? Itu merupakan ciri kalau Anda adalah orang yang besar pasak daripada tiang. Berhutang untuk membayar utang yang lama itu bukan keputusan yang bijak.

3. Terlalu banyak kredit

Mempunyai banyak barang mewah namun hasil kredit, itu tanda kalau pengeluaran lebih banyak dari penghasilan. Keinginan mempunyai suatu barang secara instan sering membuat orang tergiur kebijakan kredit. Padahal, membeli secara tunai lebih murah dibanding kredit.

belanja

Menghitung keuangan keluarga – Ist

4. Tidak bisa menabung

Pengeluaran yang lebih besar dari penghasilan akan membuat Anda sulit menabung. Bahkan, Anda justru akan membutuhkan dana tambahan guna memenuhi kebutuhan. Jika hal ini sudah terjadi pada Anda, itu artinya Anda sudah terlalu boros.

5. Mengutamakan keinginan

Anda sering membeli barang yang harganya melebihi uang yang ditabung dengan alasan untuk hiburan? Jika iya, itu tanda kalau pengeluaran Anda lebih besar dari penghasilan. Seharusnya Anda lebih mengutamakan uang untuk ditabung ketimbang membeli barang.

Tidak selamanya Anda mendapatkan penghasilan yang sama setiap bulannya. Untuk menghindari adanya kekurangan uang, lebih baik sisihkan penghasilan Anda untuk tabungan masa depan.

(YG)

Comment di sini