Terobos Jalur Busway, Mobil Kedubes Sudan Tidak Ditilang

by
November 25th, 2013 at 4:32 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Aksi penerobos jalur transjakarta atau busway hingga saat ini masih terus terjadi. Tidak hanya warga, pelanggaran juga dilakukan oleh pengendara mobil milik Kedutaan Besar (Kedubes) Sudan.

mobil kedubes sudan

Mobil Kedubes Sudan dihentikan polisi – Kompas.com

Kepala Seksi Tata Tertib Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Sujito membenarkan adanya mobil Kedubes Sudan yang menerobos jalur busway. Kejadian tersebut terjadi di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

“Iya tadi ada mobil dari Kedubes Sudan (terobos busway),” kata Sujito, Senin (25/11/2013).

Baca juga: Masuk Jalur Busway Didenda Rp 1 Juta.

Mobil Kedubes Sudan berpelat nomor CD 110 01 itu sempat dihentikan petugas yang tengah melakukan sterilisasi di jalur busway. Namun, menurut Sujito, mobil Kedubes Sudan itu tidak ditilang dan hanya diberi surat pemberitahuan. Polisi hanya memfoto mobil tersebut sebagai bukti untuk ditindaklanjuti.

“Kita bikin surat ke Deplu (Kementerian Luar Negeri),” kata Sujito di Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur, seperti dikutip dari Kompas.

Selain mobil Kedubes Sudan, kata Sujito, pelanggaran penerobos jalur busway juga dilakukan oleh anggota dari TNI dan Polri. Namun, Sujito tidak bisa merinci identitas oknum tersebut karena data penerobos jalur busway ada di kantor.

Untuk hari ini, kata Sujito, pelanggar yang ditilang di wilayah DKI Jakarta sudah mencapai 500 pengendara dengan didominasi kendaraan roda dua. Menurut Sujito, pelanggaran terbanyak terjadi di daerah Mampang, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memberlakukan denda maksimal untuk para penerobos jalur busway mulai hari ini, Senin (25/11/2013). Pengendara yang melanggar akan dikenai denda Rp 500 ribu sesuai dengan UU Lalu Lintas Pasal 287 Ayat 1.

Penerobos jalur busway akan menerima surat tilang khusus, berwarna biru. Surat tilang tersebut bertujuan untuk membedakan tilang penerobos jalur busway dengan tilang yang lainnya saat berada di pengadilan.

(YG)

Comment di sini